Buka PERNEFRI, Arinal Yakin Bisa Tingkatkan SDM Kesehatan Bidang Ginjal dan Hipertensi

Buka PERNEFRI, Arinal Yakin Bisa Tingkatkan SDM Kesehatan Bidang Ginjal dan Hipertensi

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Konferensi Kerja dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), di Hotel Novotel, Jumat (7/10).

Dalam sambutannya, Arinal mengatakan penyelenggaraan PERNEFRI yang diikuti 758 peserta tersebut merupakan terobosan karena dalam 2 tahun belakang dilaksanakan secara daring dan untuk tahun ini kegiatan pertemuan dilaksanakan secara luring.

"Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, khususnya karena dilaksanakan di Provinsi Lampung, sehingga dapat menggerakkan perekonomian di Provinsi Lampung dalam masa pemulihan ekonomi pasca Covid-19, disamping utamanya dapat meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kesehatan Provinsi Lampung dalam bidang ginjal dan hipertensi," kata Gubernur .

Kemajuan ilmu dan teknologi di Bidang Ginjal dan Hipertensi, telah berkembang pesat. Gubernur Arinal mengungkapkan, Kementerian Kesehatan telah menempatkan Uro-Nefrologi ke dalam Layanan Prioritas disamping Jantung, Kanker dan Stroke. 

BACA JUGA:Polres Lamtim Amankan Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

"Hal ini menunjukkan pentingnya bidang ginjal dan hipertensi dalam bidang Kesehatan, khususnya terkait peran dalam penurunan angka kesakitan dan kecacatan serta perpanjangan umur harapan hidup apabila penyakit ginjal dan hipertensi dapat ditangani secara dini," terangnya. 

Gubernur juga meminta dukungan atas rencana pembangunan RS bertaraf Internasional di Provinsi Lampung, di atas lahan seluas 114 Hektar. 

Lanjutnya, pembangunan Rumah Sakit tersebut dilakukan, salah satunya dilatarbelakangi oleh banyaknya pasien dalam negeri yang berobat ke luar negeri. 

"Kepada para Guru Besar dan narasumber lainnya, saya menitipkan Sumber Daya Manusia Provinsi Lampung, agar mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, dengan harapan Bidang Ginjal dan Hipertensi dapat berkembang pesat di Indonesia umumnya dan Provinsi Lampung pada khususnya," tutupnya. 

BACA JUGA:Operasi Zebra Krakatau, Polres Pringsewu Sudah Menindak 284 Pelanggar

Sementara Ketua PB PERNEFRI dr. Aida Lydia, PhD, SpPD, K-GH., dalam kesempatannya mengapresiasi dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan dan peningkatan cakupan layanan penyakit ginjal di Indonesia.

dr. Aida Lydia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan dukungan Gubernur Lampung atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

"Seiring dengan bertambahnya penderita penyakit ginjal pada tiap tahunnya, kedepan, Ketua PB PERNEFRI mengajak seluruh peserta dan masyarakat melakukan upaya pencegahan agar dapat mengurangi pasien penyakit ginjal," pungkasnya (ded/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: