Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Sarpras Dominasi Usulan Musrenbang Tingkat Pekon

Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Sarpras Dominasi Usulan Musrenbang Tingkat Pekon

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Peningkatan infrastruktur jalan dan pembangunan sarana prasarana di sektor pendidikan mendominasi usulan masyarakat pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat pekon di Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat, seperti pada hari kedua kegiatan Musrenbang yang digelar di Pekon Argomulyo dan Pekon Campangtiga, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan itu dihadiri Camat Batuketulis Sri Handayani, Sekcam Batuketulis Nusirwan, para Kasi, Kasubbag, Peratin, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa (PLD), LHP serta Bidan desa dan perawat pekon.

Di Pekon Argomulyo, terdapat tiga usulan prioritas yang disampaikan masyarakat yakni Pembangunan jalan lingkar kecamatan yang menjadi akses penghubung Pekon Argomulyo Kecamatan Batuketulis dan Pekon Hujung Kecamatan Belalau, pembangunan akses penghubung Pekon Argomulyo dengan Pekon Simpangsari Kecamatan Pagardewa sebagai jalan lingkar kabupaten serta pembangunan talud penahan tanah (TPT) untuk mencegah longsor di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di wilayah setempat.

Peratin Argomulyo Suryanto menuturkan, Pemkab Lambar memang terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah tersebut yang kini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

BACA JUGA:Pekon Lombok Selatan Bagikan BLT-DD Triwulan Ketiga

Namun demikian masih ada pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan salah satunya terkait peningkatan akses Kecamatan Batuketulis–Belalau dan peningkatan akses Batuketulis-Pagardewa.

“Ada sekitar empat kilometer jalan penghubung Batuketulis-Belalau yang masih membutuhkan peningkatan, sehingga untuk memperlancar mobilitas, warga berharap ini dapat menjadi prioritas tahun ini atau pada kegiatan APBD tahun 2023 mendatang,” ungkapnya.  

Ia menjelaskan jalur tersebut merupakan akses utama yang sering dilalui masyarakat baik dalam menjalankan aktivitas bertani dan berkebun, juga sebagai jalur ekonomi untuk mengakses pasar dan mengeluarkan hasil bumi.

“Dengan peningkatan jalan ini selain akan memudahkan aktivitas petani juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang sesuai misi Bupati dan Wakil bupati yakni pembangunan merata dan berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Buka Silaturahmi Kebangsaan yang Diikuti 126 Ormas di Lampung

Selain jalur tersebut, pembangunan juga diharapkan dapat dilakukan pada akses penghubung Pekon Argomulyo dengan Pekon Simpangsari Kecamatan Pagardewa sebagai jalan lingkar kabupaten.

“Dalam usulan peningkatan jalur ini dibutuhkan pembangunan akses sepanjang sekitar dua kilometer termasuk pembangunan jembatan. Alasan pentingnya pembangunan jalan ini yakni untuk mendukung kelancaran mobilitas warga serta mempersingkat jarak tempuh antar kecamatan,” pungkasnya.(edi/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: