Gubernur Arinal Buka Musrenbang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung

Gubernur Arinal Buka Musrenbang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Tahun 2024, di Ruang Pertemuan Lt.7 Hotel Grand Mercure, Kamis 18 April 2024.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan bahwa Visi Rakyat Lampung Berjaya, Sektor Pertanian, dengan sub sektor Peternakan tertuang dalam Misi kelima yaitu : Membangun Kekuatan Ekonomi Masyarakat berbasis Pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

"Untuk mewujudkan misi tersebut, ada beberapa program sektor Pertanian dalam agenda Kerja Gubernur diantaranya yaitu, meningkatkan produktivitas dan nilai tambah ekonomi untuk komoditas tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan, dan hutan kemasyarakatan melalui program subsidi, insentif, fasilitasi pemasaran, fasilitasi permodalan, fasilitasi inovasi dan teknologi produksi, penyediaan saprodi dan alsintan," kata Gubernur.

Selain itu, menurut Gubernur, Pemerintah Provinsi Lampung juga melakukan pembangunan dan pengembangan sentra pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, dan peternakan), sentra industri kecil, kawasan industri menengah dan besar, serta sentra pariwisata.

BACA JUGA:Ditlantas Polda Lampung Catat 63 Kasus Kecelakaan Selama Operasi Ketupat Krakatau 2024

Dimana pada sektor Pertanian dan Peternakan, agenda kerja Gubernur diimplementasikan dalam bentuk Kartu Petani Berjaya (e-KPB) berbasis elektronik untuk meningkatkan pendapatan petani maupun peternak melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis, dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi.

Adapun Musrenbang yang dilaksanakan hari ini, menurut Gubernur merupakan forum musyawarah agenda tahunan dalam rangka menyiapkan rencana prioritas kegiatan tahun anggaran 2025 di wilayah Provinsi Lampung.

Dalam paparannya Gubernur menyampaikan bahwa dari segi populasi, pencapaian Provinsi Lampung tahun 2022 dan 2023 adalah sebagai berikut :

Populasi Sapi dan Kerbau sebanyak 775.027 ekor berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2023, dimana Lampung menempati peringkat 5 Nasional dan 1 se-Sumatera.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Apresiasi Komitmen ASN dalam Memberikan Pelayanan Pasca libur lebaran

Populasi Kambing tahun 2022 sebanyak 1.623.358 ekor peringkat 3 Nasional dan 1 se-Sumatera. 

Populasi Ayam Ras Pedaging tahun 2022 sebanyak 91.688.088 ekor peringkat 8 Nasional dan 3 se-Sumatera. 

Populasi Ayam Ras Petelur tahun 2022 sebanyak 14.257.053 ekor peringkat 8 Nasional dan 3 se-Sumatera.

Menurut Gubernur keberhasilan pembangunan peternakan Lampung sangat erat kaitannya dengan keikutsertaan, dukungan dan peran aktif semua pihak, terutama dari kabupaten/kota. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: