Batuketulis Awali Musrenbang Tingkat Pekon di Sumberrejo dan Atarkuwau

Batuketulis Awali Musrenbang Tingkat Pekon di Sumberrejo dan Atarkuwau

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat anggaran 2023 di 10 pekon di Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat mulai digelar pada Rabu (5/10/2022).

Agenda tahunan yang dilaksanakan untuk menampung aspirasi masyarakat sekaligus merumuskan program kerja di tahun anggaran 2023 itu dimulai di Pekon Sumberejo dan Atarkuwau.  

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Batuketulis Sri Handayani, Sekcam Nusirwan, para kasi, kasubag, peratin, babinsa, babinkamtibmas, pendamping desa, pendamping lokal desa (PLD), LHP serta Bidan desa dan perawat pekon.

Di kesempatan itu Camat Batuketulis Sri Handayani kembali mengingatkan bahwa musrenbang merupakan wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat yang selanjutnya akan menjadi acuan untuk menjalankan program kerja pemerintah di tahun 2023 mendatang. 

BACA JUGA: OZK 2022, Kasat Lantas Polres Lampura Harapan Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Untuk itu ia mengingatkan agar dalam program kerja harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, selain itu tetap mengacu pada peraturan pelaksanaan dan prioritas dana desa serta menyelaraskan dengan program Pemkab Lambar.

“Dalam momentum musrenbang Pekon tahun 2023 ini, tentunya kita memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya, semua proposal kita tampung untuk selanjutnya kita tentukan skala prioritasnya,” ujarnya

Selanjutnya, kata Sri, dari seluruh proposal tersebut nantinya akan dipisahkan mana proposal yang menjadi kewenangan Pemkab Lamber dan menjadi kewenangan pemerintah pekon dalam mewujudkannya. 

“Setiap pekon tentu memiliki pilihan prioritas yang berbeda-beda. Sehingga silahkan sampaikan mana yang tidak dapat tercover oleh pekon yang akan kita sampaikan pada musrenbang tingkat kecamatan atau tingkat kabupaten,” pesannya. 

BACA JUGA: Kejati Lampung Panggil Kepala DLH Bandarlampung

Sehingga, terakhir sri berharap musrenbang pekon tahun 2023 ini dapat menghasilkan program yang berkualitas untuk kemajuan daerah khusus di Kecamatan Batuketulis dan hasil pembangunan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Sementara itu, Peratin Sumberrejo, Karyono menambahkan bahwa agenda Musrenbang yang dilaksanakan ini menjadi bagian dari rangkaian proses penyusunan rencana kerja pemerintah pekon agar program kerja pemerintah dapat mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat.

“Untuk itu, disini kami menghadirkan seluruh tokoh dan elemen masyarakat untuk memberikan wadah agar mereka dapat menyampaikan aspirasi pelaksanaan anggaran di tahun 2023 mendatang sesuai kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan Peratin Atarkuwau Tri Aryogi, kepemimpinan musrenbang tingkat pekon merupakan ini menjadi tolak ukur pemerintah dalam melaksanakan amanat undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: