Kembangkan Literasi Berbasis Inklusi, Pemkab Pesbar Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung

Kembangkan Literasi Berbasis Inklusi, Pemkab Pesbar Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka pengembangan literasi berbasis inklusi sosial, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah menggelar kegiatan lomba pidato bahasa Lampung tingkat SMP se-Kabupaten Pesbar. Kegiatan itu dipusatkan di aula hotel Monalisa, Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (7/9).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr.Drs.Hi.Agus Istiqlal, S.H, M.P., Bunda Literasi Kabupaten Pesbar Hj.Septi Istiqlal, serta pihak terkait lainnya. Lomba itu diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari perwakilan siswa tingkat SMP se-Pesbar.

Bupati Pesbar Agus Istiqlal, dalam arahannya saat membuka lomba pidato bahasa Lampung tingkat SMP se-Kabupaten Pesbar itu mengatakan, kegiatan itu dilatar belakangi bahwa anak merupakan generasi muda sebagai sumber daya manusia penerus cita- cita perjuangan bangsa dalam pembangunan nasional.

“Generasi muda diharapkan menjadi manusia berkualitas, mampu memimpin serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah kesatuan Republik Indonesia dan Undang- Undang Dasar 1945,” katanya.

BACA JUGA:Agus Istiqlal Sampaikan Nota Pengantar Ranperda APBD-P Pesbar Tahun 2022

Dikatakannya, kegiatan lomba pidato bahasa Lampung tingkat SMP itu merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan kreativitas anak dalam mengembangkan intelektual, keterampilan dan budaya. 

Selain itu, momen ini juga sangat penting dalam membentuk karakter anak yang kokoh, tegar dan mandiri dalam menghadapi tantangan di zaman global sekarang ini.

“Untuk itu, diharapkan agar kegiatan ini dapat memotivasi para guru untuk terus meningkatkan etos kerja yang representatif,” jelasnya.

Masih kata dia, pihaknya juga berharap agar para guru tetap bersemangat dan bisa bekerjasama serta bermitra secara sinergis, baik dengan Pemerintah maupun dengan masyarakat. 

Mengingat guru merupakan pioner gerakan literasi di sekolah masing-masing. Karena itu, melihat pentingnya kegiatan lomba pidato tingkat SMP di Kabupaten Pesbar ini kedepan diharapkan dapat terus dikembangkan.

 

“Sehingga kegiatan ini benar-benar dirasakan manfaatnya dalam membangun sumberdaya manusia yang handal serta mencetak pribadi siswa yang beradab dan beradat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: