Dispersip Lampung Utara Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung

Dispersip Lampung Utara Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung

Sekda Kabupaten Lampung Utara Lekok saat menyampaikan sambutan tertulis Pj Bupati Aswarodi--

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menggelar Lomba Pidato Bahasa Lampung tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2024 yang dilaksanakan di Taman Olah Seni, Kotabumi pada Selasa, 3 September 2024

Lomba Pidato Bahasa Lampung yang diikuti oleh 28 peserta tersebut, dibuka secara langsung oleh Pj. Bupati Lampung Utara yang diwakili oleh Sekda Drs. H. Lekok, M.M. 

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten III Hj. Dina Prawitarini, M.M, Kepala Disdikbud Sukatno, S.H., Kepala DLH Hj. Ina Sulistiawati, S.P, dan Bunda Literasi dr.Hj. Liana Sidharti Aswarodi, S.pAn.M.K.M.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Lekok, Pj. Bupati Lampung Utara Aswarodi mengajak kepada seluruh warga masyarakat Lampung Utara untuk menjaga dan melestarikan Bahasa Lampung kepada generasi penerus.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Terima Kunjungan PPNI Lampung, Bahas Hibah Lahan Pusat Pelatihan PPNI di Kota Baru

BACA JUGA:Alternatif Makanan Pengganti Nasi untuk Hidup Sehat, Murah, dan Enak

“Sebagai Pj. Bupati saya sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Pidato Bahasa Lampung yang dilaksanakan oleh Dispersip Lampung Utara,” ujar Aswarodi.

Sementara itu, Kepala Dispersip Lampung Utara Dra. Sri Mulyana, M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa bahasa daerah merupakan  simbol penting dari identitas daerah, dan sekaligus merupakan akar  dari bahasa nasional.

“Untuk itu, melindungi dan melestarikan bahasa daerah sangat berharga dalam menjaga warisan budaya, memperkaya keragaman bahasa dan membangun identitas nasional. Bahasa daerah merupakan wujud nyata dari tradisi, sejarah dan nilai-nilai luhur bangsa,” ujar Sri Mulyana.

Oleh karena itu, kata Sri Mulyana, setiap bahasa daerah memiliki cara unik untuk mengungkapkan pikiran, emosi dan dunia di sekitar kita melalui kosa kata, tata bahasa, dan dialek yang berbeda.

BACA JUGA:23 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemprov Lampung di Lantik

BACA JUGA:Dibatasi Mulai 1 Oktober, Ini Daftar Mobil yang Boleh Beli BBM Bersubsidi

“Bagi peserta lomba yang berhasil meraih Juara I, II dan III akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, Trophy dan Kemudian untuk juara Harapan I, II dan III akan diberikan trophy dan sertifikat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk dewan juri, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menunjuk Dra. Masitoh,M.Pd dari Universitas Kotabumi (UMKO), Sukmawati, M.Pd (Dinas Pendidikan), dan Herna Aprilia, S.Pd (Ketua MGMP Bahasa Lampung).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: