Siswa SDN 1 Sumber Alam Gunakan Jam Istirahat Jalankan Literasi Khatam Al-Quran

Siswa SDN 1 Sumber Alam Gunakan Jam Istirahat Jalankan Literasi Khatam Al-Quran

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mengisi jam istirahat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pokok, Siwa didik Kelas IV SDN 1 Sumber Alam, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat khatam Al-Quran

Seperti di ketahui SDN 1 Sumber Alam dengan Kepala Sekolah Yudha Sutri, S.Pd. S.D., terus menunjukkan upaya sebagai sekolah penggerak.

Dimana salah satu penerapan pendidikan literasi yang di intens kan SD tersebut yakni siswa membaca ayat suci Al-Quran, dengan pembagian untuk siswa kelas 1 dan 2 membaca iqro dan dari kelas 3 hingga kelas 6 membaca ayat suci Al-Quran sesuai dengan kemampuan masing-masing anak didik. 

Disampaikan Yudha Sutri, penerapan pembacaan ayat suci Al-Quran tersebut dilakukan sebelum anak-anak melaksanakan kegiatan belajar pokok. 

BACA JUGA:Bentuk Karakter Religius SMPN 2 Sumber Jaya Gelar PSR Bersama Penggalang SD

Dengan waktu membaca Al-Quran selama 15 menit atau siswa sudah mulai dalam kelas dari pukul 07.15 WIB.

"Khatam Al-Quran ini terus berlanjut, gimana jika siswa telah hatam maka dia akan kembali memulai bacaan dari halaman pertama, dan begitu sampai seterusnya," ungkap pihaknya.

Lebih jauh ditegaskan Yudha literasi baca Al-Quran tersebut tentunya dalam memanfaatkan waktu bagi anak-anak untuk bisa mengaji. 

Artinya jika memang siswa tidak memiliki kesempatan belajar di luar jam sekolah maka disaat berada di sekolah yang diberikan waktu untuk mendapat belajar mengaji.

BACA JUGA:Operasi Keselamatan Dimulai, Polres Lambar Tetapkan 5 Aturan Lalulintas yang Tidak Boleh Dilanggar

Lanjutnya tujuan dari literasi baca Al-Quran tersebut utamanya agar menjadi pembiasaan anak-anak dalam membaca ayat suci Al-Quran baik di sekolah maupun saat berada di rumah atau di tempat tertentu sehingga tumbuh tunas Bangsa yang istiqomah dan terbentuknya karakter religius. 

"Alhamdulillah dengan penerapan literasi ini sudah banyak siswa yang menyelesaikan pembacaan Al-Quran (khatam), dan itu terus dilakukan hingga mereka lulus sekolah," sebut pihaknya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: