Cek! Ini Program Prioritas Pemkab Lampung Barat Tahun 2024

Cek! Ini Program Prioritas Pemkab Lampung Barat Tahun 2024

Pj Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat menetapkan tiga program prioritas pada tahun 2024 di masa kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Drs. Nukman, MM.

“Ada tiga program prioritas yang akan kita laksanakan pada tahun 2024 mendatang yaitu Program Pemberdayaan UMKM, Program Literasi Daerah, serta Program Pengembangan Geopark Kaldera Suoh,” ungkap Pj. Bupati Nukman, Rabu 27 Desember 2023.

Nukman memaparkan, Program Pemberdayaan UMKM, berdasarkan Peraturan Bupati Lampung Barat tentang Kemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan bagi Usaha Mikro dan dalam upaya meningkatkan peran strategis UMKM guna mendukung pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja baru dan pengentasan kemiskinan salah satu upaya yang dilakukan dengan Pemberdayaan UMKM sehingga hal tersebut dijadikan salah satu kegiatan unggulan di Kabupaten Lampung Barat.

Lanjut dia, adapun upaya yang telah dilakukan untuk inovasi kegiatan unggulan diantaranya Gerakan Bela Beli Produk UMKM yang diharapkan mendongkrak omset dari UMKM, Revitalisasi Sentra IKM dengan Pembangunan PLUT, Pembangunan Pusat Promosi Sentra IKM dan Pengembangan Sentra Industri Kopi serta Layanan Klinik UMKM sebagai fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah Daerah. 

BACA JUGA:Pj Bupati Lampung Barat Fokus pada Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi

“Melalui dukungan anggaran di tahun 2024 ada beberapa upaya yang akan dilakukan untuk inovasi kegiatan unggulan dengan terus fokus terhadap peningkatan UMKM melalui Pendidikan dan Pelatihan, Fasilitasi baik dalam perizinan, produk, pembiayaan sampai dengan pemasaran. Kemudian, Pembangunan Pasar Tematik Wisata Jelajah Wisata Danau Ranau, Pembangunan sentra IKM pengolahan ikan Danau Ranau serta pembangunan rumah produksi bersama,” tegas Nukman.

Selanjutnya, Program Literasi Daerah. Dimana sesuai amanat Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2021 tentang Kabupaten Literasi, Kabupaten Lampung Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan minat Baca dan kunjungan masyarakat Lampung Barat ke perpustakaan. 

Sehingga Peningkatan Literasi menjadi salah satu kegiatan Unggulan di Kabupaten Lampung Barat. 

Menurut dia, komitmen tersebut dapat dilihat dari capaian Indeks Baca di Tahun 2023 sebesar 76,901 point atau masuk dalam kategori tinggi.

BACA JUGA:Pekon Pahayu Jaya Salurkan BLT DD Terakhir Sekaligus Tinjau Kelayakan Penerima 2024

Lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 67,365 point yang masih masuk kedalam kategori sedang. 

Pada tahun 2023 akreditasi perpustakaan tingkat Kabupaten memperoleh predikat “B” berdasarkan hasil dari Perpustakaan Nasional.

Lanjut Nukman, upaya-upaya yang telah dilakukan untuk inovasi kegiatan unggulan diantaranya pelaksanaan Festival Literasi di tingkat Kabupaten serta keikutsertaan dalam festival Literasi Provinsi Lampung, Perpustakaan keliling di 15 kecamatan, Digitalisasi Literasi, Akreditasi Perpustakaan Baik Tingkat Kabupaten maupun tingkat pekon dan Pembinaan-pembinaan terhadap perpustakaan. 

“Adapun upaya yang akan dilakukan untuk inovasi kegiatan unggulan antara lain Transformasi Perpustakaan berbasis inkuiri sosial, pembinaan perpustakaan tingkat sekolah dan pekon, pembinaan sumber daya manusia melalui bimbingan teknis tenaga perpustakaan serta pembangunan gedung Perpustakaan Daerah melalui DAK Fisik Tahun 2024,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: