Ini Upaya Samsat Liwa Rangsang Masyarakat Taat Bayar Pajak Kendaraan

Ini Upaya Samsat Liwa Rangsang Masyarakat Taat Bayar Pajak Kendaraan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya menstimulasi (rangsang) wajib pajak kendaraan bermotor agar patuh bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Wilayah VII atau Satuan Manunggal Satu Atap (Samsat) Liwa melakukan berbagai upaya diantaranya menggelar Gebyar Undian dengan beragam hadiah diantaranya hadiah utama Motor Honda. 

Kepala UPTD Pengelolaan Pendapatan Wilayah XIV Lambar Desilia Putri, SE., MM., mengatakan, undian hadiah tersebut sebagai reward kepada masyarakat yang taat pajak. 

"Para wajib pajak yang berhak mengikuti undian ada syarat tertentu yakni minimal satu tahun sebelumnya tidak menunggak pajak. Dan Gebyar hadiah yang diadakan 2022 akan dilaksanakan undiannya awal 2023," terang pihaknya.

Dijelaskan Desilia, upaya-upaya yang dilakukan Samsat Liwa tersebut tujuannya untuk berbenah dalam pelayanan. Yang bukan hanya melaksanakan Gebyar Undian melainkan berbagai upaya lain seperti sosialisasi melalui layanan elektronik, seperti E- Samdes, E-Salam, E-Signal dan Samsat Keliling (Samling) yang selama ini standby di Kelurahan Fajarbulan dan Kelurahan Sekincau. 

 BACA JUGA:Dukung Kabupaten Tangguh Bencana, DPK APDESI Inisiasi Pengadaan APAR untuk Pekon

"Melalui terobosan-terobosan itu peningkatan pembayaran pajak cukup baik dimana berdasarkan data sementara hingga Tanggal 31 Juli meningkat Dua Puluh Lima Persen (25%)," papar Desilia.

Faktor panen kopi yang menjadi usaha mayoritas masyarakat Kabupaten Lampung Barat juga mendorong meningkatnya kesadaran wajib pajak dalam pembayaran pajak bermotor.

Dimana katanya terus meningkatnya kesadaran masyarakat Lampung Barat Dalam pembayaran pajak kendaraan bukan hanya didasari dari gerakan yang dilakukan seperti halnya Gebyar undian maupun pelayanan yang lebih mudah.

Melainkan juga faktor ekonomi masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani perkebunan kopi dengan melakukan pembayaran saat tibanya musim panen serta juga kesadaran dari upaya razia gabungan yang kita laksanakan.

"Itulah upaya Samsat UPTD 14 untuk mempermudah dalam pelayanan kepada masyarakat," urainya. 

BACA JUGA:KPK Harus Proses Hukum Setiap Penyuap Rektor Unila

Dan terkait upaya-upaya yang dilaksanakan melalui sosialisasi secara masif baik razia life lap ialah untuk menstimulasi masyarakat, sehingga  tingkat kepatuhan bayar PKB terus meningkat. Dan semakin paham dalam bayar pajak. 

Ditambahkan Kasat Lantas Iptu David. Polner, S.H., mendampingi Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.I.K, M.H., melalui Kanit Regident Lalu Lintas Iptu Dimas dalam menerapkan tertib lalu lintas kendaraan Polri bersinergi dengan segala upaya baik pelayan internal maupun sosialisasi di luar. 

 

"Di lapangan, Satlantas akan melaksanakan tugas sebagaimana amanah yang turun dari korlantas diantaranya tentang penerapan Pasal 74 Lalu lintas terhadap registrasi pajak," tutupnya.(rin/mlo) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: