Walikota Eva Dwiana Hadiri Rakernas APEKSI di Kota Padang

Walikota Eva Dwiana Hadiri Rakernas APEKSI di Kota Padang

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota Bandarlampung menjadi salah satu peserta yang memeriahkan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Padang  dari Tanggal  7 hingga 10 Agustus 2022. 

Rombongan yang dipimpin langsung Walikota Bandarlampung Eva Dwiana itu, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari pembukaan, Seminar Dinas Lingkungan Hidup, Indonesia City Expo 2022, Pawai Budaya Nusantara, Beach Clean Up, Gowes hingga Lomba Marandang & teh talua. 

Dalam kegiatan tersebut berbagai isu nasional dibahas mulai dari sinergi dan kolaborasi menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan, hingga kebijakan pemerintah pusat untuk menghapus tenaga honorer pada tahun 2023. 

Walikota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan, melalui rapat kerja nasional (Rakernas) XV APEKSI akan ada terobosan bersama dalam membangkitkan daerah. 

BACA JUGA:Diduga Cekcok Masalah Pesanan, Driver Ojol Dipukuli Karyawan Resto

"Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci dalam memajukan daerah, Bunda berharap akan ada terobosan bersama, rekomendasi dalam memajukan daerah," terang dia 

Setelah pembukaan Rakernas, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon durian di Kebun Buah Dinas Pertanian Kota Padang Sungai Lareh, Walikota Eva Dwiana  secara langsung menanam bibit pohon durian. 

"Apeksi kali ini, kita  diminta membawa pohon durian untuk ditanam di Kebun Apeksi Padang, Walikota berharap pohon ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang, terutama di Padang,” kata Eva.

Dihari kedua Apeksi XV, Walikota Bandarlampung Eva Dwiana mengikuti lomba Lomba Marandang & teh talua antar Walikota se-Indonesia dalam kegiatan itu Kota Bandarlampung meraih juara tiga.

BACA JUGA:Musim Pancaroba, Dinkes Bandarlampung Diminta Siaga

Randang atau rendang, sudah termasuk Warisan Budaya Dunia dari Sumatera Barat. 

"Sebagai warga negara, kita harus ikut serta menjaga dan melestarikan warisan kuliner, melalui kegiatan seperti ini, kita sama-sama menjaga dan mempromosikan kuliner Nusantara," jelas dia 

Dalam mempromosikan hasil produksi UMKM, kota Bandarlampung ikut serta dalam Indonesia City Expo (ICE) 2022, kegiatan itu menjadi momen dalam mempromosikan produk dan kerajinan khas Kota Bandar Lampung di tingkat nasional. 

Ia mengaku dirinya mengunjungi pameran ICE 2022 usai mengikuti Rakernas APEKSI 2022 di Kota Padang. 

BACA JUGA:Pupuk Bersubsidi Hanya Urea dan NPK

"ICE 2022 yang merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan dan mengenalkan produk serta kerajinan khas dari Bandarlampung," tandasnya. 

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandarlampung Riana Apriana mengatakan, Kerajinan tangan dan produk khas yang ditampilkan di stan Kota Bandar Lampung ICE 2022 diantaranya batik, tapis, tas, sulam usus, kopi, keripik pisang, ikan teri, cumi kering, dan lainnya.

 

“Ada ada delapan UMKM dan satu pengrajin dari Kota Bandar Lampung yang ikut dalam kegiatan ICE 2022," tandasnya.(jim/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: