Tingkatkan Motivasi, PKBI Cabang Lambar Gelar Ajang Celoteh Surprise 2022

Tingkatkan Motivasi, PKBI Cabang Lambar Gelar Ajang Celoteh Surprise 2022

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat menggelar kegiatan Ajang Celoteh Surprise 2022 (ACS’22) di SDN 1 Liwa Kecamatan Balikbukit, Sabtu 6 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Drs. Tono Suparman, yang dihadiri Kepala Sekolah SDN 1 Liwa, Iskandar, S.Pd MM, dan perwakilan guru dari SDN 2 Liwa dan SDN 3 Liwa. 

Sekretaris PKBI Cabang Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar Partinia, S.Pd., M.M., mengungkapkan, ajang Celoteh Surprise 2022 merupakan lomba untuk memperebutkan juara atau penghargaan tertinggi dalam suatu aktivitas seseorang atau sekelompok orang dalam wadah atau forum tertentu untuk mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan orang atau kejutan melalui obrolan atau ocehan bebas tetapi tetap berpegang pada etika, moral dan tidak melanggar norma/hukum yang berlaku.

Kegiatan yang bertemakan “Pioneer for Good” (Pelopor segala hal yang baik) dengan Sub Tema ‘Boleh Nyerocos, Asal Tidak Gembos ’ ini diikuti oleh siswa-siswa berasal dari SDN 1 Liwa, SDN 2 Liwa, dan SDN 3 Liwa. 

BACA JUGA:Realisasi Anggaran DAU-DBH Penanganan Covid-19 di Lambar Capai 39 Persen

“Masing-masing sekolah mengirimkan peserta 12 orang siswa. Dengan demikian total peserta yang ikut kompetisI tersebut sebanyak 36 orang siswa,” ungkap Sandarsyah.

Dijelaskannya, adapun maksud digelarnya kegiatan ajang Celoteh Surprise 2022 ini adalah untuk memberikan wadah/media/saluran bagi seseorang atau sekelompok orang untuk menyuarakan dan menyalurkan aspirasi dalam bentuk ungkapan perasaan/emosi positif yang mengejutkan atau mengagetkan. 

Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri (optimisme) dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memberikan semangat dan gairah hidup kepada seseorang agar selalu tabah dalam menghadapi setiap tantangan, serta menumbuhkembangkan sikap dan perilaku siswa dalam berkompetisi di segala aspek kehidupan, yang juga sekaligus untuk meningkatkan pendidikan moral dan budi pekerti luhur bagi para siswa.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran dan kepedulian seseorang atau sekelompok orang dalam berinteraksi dengan sesama/warga masyarakat, serta meningkatnya wadah atau media partisipasi untuk menyampaikan usul/saran/pendapat kepada pemangku kepentingan terkait,” tegasnya.

BACA JUGA:Diduga Jadi Korban Pembiusan, Sopir Angkutan Barang Ditemukan Pingsan di Kebun Jagung

Masih kata dia, adapun dewan juri yang menilai peserta ACS’22 berjumlah tiga orang, semua berasal dari pengurus PKBI Cabang Lampung Barat. Dalam kegiatan ini Panitia ACS’22 menyiapkan penghargaan berupa dana dan piagam untuk lima orang pemenang, juara I, II, dan III, serta juara harapan I dan II. 

Lanjut dia, setiap peserta yang tampil hanya boleh memilih salah satu dari enam pilihan tema SURPRISE untuk diocehkan yaitu, Diajak Tour Oleh Bupati ke Malaysia Melalui Singapore, Diterima SMP Favorit dan Mendapat Beasiswa 3 tahun, dan Sepeda Onthelnya Diganti Ayahnya Dengan Sepeda Motor Bekas.

Kemudian, Kambing Peliharaannya Beranak 4 Ekor Tanpa Telinga, Adiknya Sudah Lancar Berbicara Bahasa Inggris dan Bahasa Batak , serta SDnya Mendapat Kunjungan Gubernur Dan Menteri Luar Negeri.

 

“Adapun pemenang ajang Celoteh Surprise 2022 (ACS’22) yaitu juara I Veni Tria Ananta dari SDN 2 Liwa, juara II Kirana Aziza Faizi dari SDN 1 Liwa, dan juara III M. Andika Pratama dari SDN 3 Liwa. Sedangkan juara harapan I Dewi Sari berasal dari SDN 3 Liwa, dan juara harapan II Muhammad Azid berasal dari SDN 1 Liwa,” pungkas Sandarsyah. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: