Sebuah Gubuk di Pekon Bahway Terbakar, Satu Ton Lebih Kopi Hasil Panen Ludes

Sebuah Gubuk di Pekon Bahway Terbakar, Satu Ton Lebih Kopi Hasil Panen Ludes

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebuah gubuk di Pematang Way Jurak, Pekon Bahway, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat hangus terbakar hingga rata dengan tanah Jumat 29 Juli 2022 sekitar pukul 11.30 WIB.

Kebakaran itu dipicu oleh belum padamnya api tungku kayu bakar yang ditinggalkan pemiliknya ke kebun. 

Peristiwa itu mengakibatkan kerugian materil yang ditafsir mencapai Rp50 Juta lebih, karena 1 ton lebih buah kopi hasil panen ikut ludes terbakar.

Peratin Bahway Badri mengatakan, peristiwa itu terjadi ditengah waktu sholat jum'at atau sekitar pukul 11:30 WIB. Saat kejadian, pemilik atas nama Sahut saat sedang berada di kebun.

BACA JUGA:Kecamatan Balikbukit Salurkan Bantuan Hasil Penggalangan untuk Korban Kebakaran di Kenali

"Jadi saat kejadian kondisi gubuk itu sedang tidak berpenghuni, dan kejadian itu awalnya diketahui warga sekitar yang melihat ada kepulan asap membumbung tinggi dari arah gubuk pak sahut, saat di cek di lokasi ternyata api sudah melahap seluruh gubuk," ujarnya

Lokasi sendiri, lanjut Badri, berada di tengah kebun kopi sehingga  api hanya dapat dipadamkan dengan peralatan seadanya oleh warga sekitar.

"Warga sempat berupaya memadamkan api tapi upaya itu sia-sia karena api sudah membakar seluruh gubuk termasuk satu ton lebih buah kopi kering hasil panen yang di simpan di bawah gubuk," jelasnya.

Badri menambahkan, dari keterangan di lokasi, kebakaran itu diduga berasal dari tungku kayu bakar yang belum padam saat di tinggalkan pemilik ke kebun.

BACA JUGA:Trimulyo Runner Up Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Lampung

Sehingga api tersebut menyambar tumpukan kayu di sekitar tungku dan akhirnya melahap seluruh gubuk.

 

"Kondisi gubuk habis total termasuk semua barang di dalamnya, sehingga akibat kejadian ini korban mengalami kerugian yang ditafsir mencapai Rp50 juta lebih," pungkasnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: