Lagi, Dua Nelayan Bangkunat Hilang Saat Mencari Ikan di Rumpon

Lagi, Dua Nelayan Bangkunat Hilang Saat Mencari Ikan di Rumpon

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dua orang nelayan yang diketahui bernama Beni Irawan (27) dan Krisna (22) yang merupakan warga Pekon Kota Jawa Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) diduga tenggelam dan dinyatakan hilang saat mencari ikan di perairan laut Samudera Hindia Pelabuhan Teluk Bengkunat Pekon Kota Jawa, sekitar pukul 06.00 WIB, Rabu 27 Juli 2022.

Kapolsek Bengkunat, Iptu Juni Rosiwan, S.Sos., mendampingi Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik, M.H., mengatakan, berdasarkan informasi bahwa dua nelayan yang tenggelam dan dinyatakan hilang itu terjadi pada Rabu 27 Juli sekitar pukul 06.00 WIB, dua nelayan tersebut bersama para saksi yakni Arman (37), Supar (35), dan Tole (25) ketiga juga warga Pekon Kota Jawa, pergi melaut dengan menggunakan perahu terpisah.

"Para nelayan tersebut pergi melaut mencari ikan di daerah rumpon, dengan jarak tempuh berlayar hingga 48 mil atau sekitar 85 kilometer dari tepi pantai," katanya.

Lanjutnya, setelah pencarian ikan di wilayah rumpon itu sudah cukup, saat itu juga kedua korban dan para saksi kembali ke perjalanan pulang. Namun, dalam perjalanan pulang kedua korban itu tidak konvoi dengan rekan saksi lainnya, dan tertinggal jauh.

BACA JUGA:Pilratin Serentak Pesbar Selesai Digelar, Ini Hasilnya

Setelah rekan saksi sampai di tepi pantai atau di pelabuhan teluk Bengkunat dan menunggu berjam jam hingga larut malam, korban tidak juga sampai.

"Sehingga para saksi dibantu nelayan lainnya, memutuskan melakukan pencarian, namun karena kondisi cuaca buruk sehingga pencarian dihentikan dan akan kembali dilaksanakan besok," jelasnya.

Diketahui, kantor pencarian dan pertolongan (Basarnas) Lampung setelah mendapat informasi adanya dua nelayan yang hilang itu langsung melakukan koordinasi dengan VTS Panjang, Lanal Lampung, Ditpolair Polda Lampung, KSOP Lampung untuk melakukan pemapelan terhadap kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Selain itu Basarnas Lampung menggerakan Tim Rescue dari Pos SAR Tanggamus untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

BACA JUGA:Reses ke Pesbar, Tobas Serap Aspirasi Warga

Terpisah, Koordinator Pos SAR Tanggamus, Hendra Wahyu, menyampaikan setelah mendapat informasi itu Tim Rescue dari Pos SAR Tanggamus langsung turun ke Kabupaten Pesbar, dan telah berkoordinasi semua pihak terkait dan saat ini juga sudah mulai melakukan pergeseran dari pantai Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah menuju Bangkunat dengan menggunakan perahu jukung milik Basarnas.

"Untuk pencarian terhadap korban itu mulai dilakukan besok, mudah-mudahan kondisi cuaca mendukung, sehingga pencarian tidak ada kendala," pungkasnya.(yan/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: