Memanfaatkan Segala Momentum, Puskesmas Terus Gencarkan Vaksinasi

Memanfaatkan Segala Momentum, Puskesmas Terus Gencarkan Vaksinasi

Medialampung.co.id - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus menggencarkan vaksinasi dalam upaya meraih Herd Immunity.

Upaya percepatan vaksinasi bukan saja pelayanan di puskesmas melainkan juga pola jemput bola diantaranya gerai vaksin di lokasi pasar dan pemukiman-pemukiman masyarakat hingga lokasi terpencil (pelosok). 

Dalam gerai vaksin yang dipimpin langsung Kepala Puskesmas Mediansah, S.K.M, M.Kes., tim puskesmas usung personil penuh untuk memberikan pelaksanaan yang maksimal. 

Dan hingga saat ini dikatakan Kasubbag TU Novita Hasda, S.Kep., capaian vaksinasi di Kecamatan Sumberjaya untuk Dosis l sebanyak 16.959 orang raihan 85,1%. Capaian Dosis Dua 14.557, orang raihan 73.0%, dan Dosis Tiga 1.177 orang raihan 5,9%.

Sementara capaian vaksinasi untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun Dosis Pertama 98,8% dan Dosis Dua 83%. 

Dijelaskan Novita, dalam gerai vaksin yang dilaksanakan sasarannya lanjut usia (lansia) lantaran sebagian besar warga yang belum tercover vaksinasi untuk kategori tersebut karena mengalami kendala seperti penyakit bawaan (komorbid) diantaranya hipertensi, gula darah dan beberapa lainnya. 

"Yang memiliki komorbid tersebut untuk bisa divaksin harus lewat kontrol dan pemeriksaan dokter yang tepat seperti saat kondisi fisik fit," ungkapnya. 

Oleh sebab itu Novita mendampingi Kepala Puskesmas Mediansah mengajak masyarakat baik yang belum vaksin ataupun yang sudah vaksin namun belum lengkap untuk dapat berkunjung ke puskesmas maupun petugas kesehatan terdekat. 

"Semua masyarakat dari usia 6 tahun bisa divaksin hanya saja yang ada komorbid harus melalui pemeriksaan yang lebih intensif," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: