Bawaslu Lambar Gandeng PWI Kawal Tahapan Pemilu

Bawaslu Lambar Gandeng PWI Kawal Tahapan Pemilu

--

Medialampung.co.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Barat,  melakukan kunjungan ke sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Barat, dalam rangka mempererat tali silaturahmi serta berkolaborasi dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang, Rabu (13/7).

Jajaran Komisioner Bawaslu Lambar yang terdiri dari Ketua sekaligus Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) M Farid Ardiles, bersama Komisioner Divisi Penanganan Perkara dan Sengketa Pemilu Iin Gusanto, serta Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Ishar, disambut oleh Ketua PWI Lambar Rifaie Arif dan jajaran pengurus lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Lambar M Farid Ardiles mengungkapkan,  mengingat saat ini tahapan Pemilu sudah dimulai maka pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat agar ikut mengawasi proses jalannya pemilu untuk menciptakan sebuah demokrasi yang ideal.

"Dalam menciptakan sebuah pesta demokrasi yang jujur dan adil tentu perlu adanya pengawasan langsung dari seluruh lapisan masyarakat sehingga bukan hanya bawaslu ataupun pihak-pihak terkait tapi harus secara keseluruhan," ungkap Farid.

BACA JUGA:Darma Saputra : Penyesuaian Itu Bukan Kenaikan Tarif Listrik

Terusnya, tahapan pemilu 2024 mendatang telah di mulai sejak 14 Juni 2022, oleh sebab itu dengan adanya kolaborasi dengan PWI pihaknya berharap bisa menyatukan frekuensi dalam bidang pengawasan untuk menegakkan demokrasi khususnya di Lambar.

"Mulai dengan mengawasi seluruh tahapan, seperti daftar pemilih, lalu mengawasi proses perhitungan suara pada pelaksanaan pesta demokrasi, untuk meminimalisir terjadinya sengketa hasil pemilu mendatang sehingga pelaksanaan pemilu bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama," ujarnya.

BACA JUGA:Kemenkumham Dalami Kasus Pengeroyokan Napi Anak

Sementara itu Ketua PWI Rifaie Arif menyampaikan, pada prinsipnya tugas PWI dan Bawaslu adalah sama yaitu melakukan pengawasan.

"Tugas kita sama-sama mengawal proses tahapan, pelaksanaan dan pasca pemilu, kami juga bisa memberitakan apa yang memang layak untuk diberitakan sesuai tupoksi kami terkait pelaksanaan pemilu, namun tentu perlu adanya kolaborasi agar pemberitaan bisa berimbang," kata Rifaie

Antara PWI dan Bawaslu Rifaie berharap kedepan akan terjalin sebuah kolaborasi dan kerjasama yang baik, sebab tugas wartawan menjadi perpanjangan tangan perusahaan, sehingga diperlukan sinergitas yang kuat dalam menjalankan tupoksi masing-masing.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Iin Gusanto dan Ishar memaparkan terkait dengan tugas pokok dan fungsi dari Bawaslu, baik dalam pencegahan adanya pelanggaran pemilu hingga penindakan yang bisa dilakukan. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: