Jelang Idul Adha, Disbunnak Lambar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Disbunnak Lambar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dipotong (ante mortem) terhadap hewan kurban yang ada di pedagang pengepul ternak kurban yang ada di wilayah Lampung Barat, Rabu (6/7)

Pemeriksaan hewan kurban itu sebagai upaya untuk menjamin hewan tersebut telah memenuhi syarat untuk disembelih dan salah satu langkah antisipasi sebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Mulai hari ini kita turun kelapangan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan  kurban sebelum dipotong yang meliputi pemeriksaan fisik dari tanduk, telinga, cuping hidung, hingga bagian testisnya. Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan hewan yang dijual adalah hewan yang sehat, tidak cacat, dan layak untuk dijadikan hewan kurban secara syariat islam,” ungkap Kabid Peternakan Alma’Arif mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Yudha Setiawan, Rabu (6/7).

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan jika hewan kurban yang diperiksa sehat maka akan diberikan Label "Sehat", dan apabila ternak masih perlu pengobatan maka akan diberikan Label "Dalam Pengawasan". “

BACA JUGA:Sambut Muktamar Ke-48, PD Aisyiyah Lambar Gelar Khitanan Massal

Masih kata Alma’Arif, petugas yang dilibatkan dalam pemeriksaan ini adalah petugas medis dan paramedis veteriner yang ada di Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat yang diharapkan dapat menjangkau 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat.

 

“Bagi masyarakat yang memiliki ternak hewan kurban dan ingin diperiksa oleh petugas agar dapat menghubungi petugas yang ada di Dinas Perkebunan dan Peternakan untuk dilakukan pemeriksaan,” tegasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: