Wabup Ardian Dorong Masyarakat Lampura Kreasikan Panganan Lokal

Wabup Ardian Dorong Masyarakat Lampura Kreasikan Panganan Lokal

Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra--

LAMPUNG UTARA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mendorong masyarakat untuk kreatif dalam mengolah bahan pangan lokal menjadi kudapan keluarga aman dan sehat. 

Hal itu nampak saat lomba olahan pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), Selasa, 28 Juni 2022, di Halaman Gedung PKK Kotabumi. Yang diikuti oleh Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga satker di tingkat kecamatan.

Wabup Lampura Ardian Saputra mengatakan kegiatan itu bertujuan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya panganan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA).

Selain itu juga, dalam upaya mendorong kreativitas masyarakat agar dapat memilih dan menyusun panganan beragam, bergizi dan seimbang. Dengan memanfaatkan sumber daya hayati lokal banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, macam ubi jalar, singkong pisang dan lainnya.

BACA JUGA:Hore! Tukin dan Gaji ke-13 Cair di Minggu Pertama Juli

"Sumber daya ini dapat diambil dari pekarangan rumah, atau banyak ditemui disekitar kita. Kemudian diolah atau dikelola dengan baik," ujar Wabup Ardian.

Menurutnya pola dalam pengolahan makanan itu sangat diperlukan bagi keluarga apalagi di tengah keadaan saat ini. Sehingga diperoleh panganan yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakat itu, dalam upaya mendorong ekonomi keluarga.

"Sampai kepada meminimalisir masalah dalam keluarga, biasanya terjadi yakni potensi stunting. Sehingga dapat dicegah sedini mungkin," terangnya.

BACA JUGA:Wabup Ardian Saputra Buka Kegiatan Donor Darah IKAPA dan IKS

"Harapannya, generasi Lampura kedepan adalah generasi emas yang mewarisi budaya luhur bangsa dan adat budaya setempat," tambahnya.

Disisi lain, Ketua TP PKK Lampura Hj. Nur Endah Sulastri Budi Utomo menambahkan bahwasanya kegiatan itu merupakan bagian dari perayaan peringatan hari jadi Lampura ke-76. Yang memanfaatkan bahan alam berasal dari pekarang rumah, hingga dapat dikudap oleh seluruh anggota keluarga.

 

"Momentum ini diharapkan dapat menularkan kepada seluruh elemen masyarakat, melalui satker sampai di tingkat kecamatan. Mengonsumsi panganan B2SA akan mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga virus tak mudah masuk," pungkasnya.(adk/ozy/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: