Jelang Bulan Ramadhan, Disbunnak Lambar Cek Kondisi Daging di Pasar Liwa

Jelang Bulan Ramadhan, Disbunnak Lambar Cek Kondisi Daging di Pasar Liwa

Medialampung.co.id - Daging sapi dan ayam yang dijual di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lambar layak dan aman untuk dikonsumsi. 

Hal itu sesuai dengan hasil pengecekan dan pemeriksaan yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, Jumat (1/4).

“Dari hasil pemeriksaan daging aman dan sehat sehingga layak untuk dikonsumsi. Untuk daging gelonggongan dan ayam mati kemarin (Tiren) kita tidak menemukan,” kata Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, S.I.P.

Kata dia, pemeriksaan yang dilakukan sebelum hewan ternak disembelih (Ante Mortem) dan pemeriksaan setelah daging dipotong (Post Mortem).

Hal ini untuk mengurangi resiko bagi konsumen untuk tertular penyakit hewan seperti cacing hati, anthrax atau penyakit lainnya.

“Yang jelas hasil pemeriksaan kita di rumah potong hewan dan di Pasar Liwa untuk daging aman dan sehat,” imbuhnya.

Lebih jauh dia mengatakan, selain melakukan pemeriksaan, pihaknya juga melakukan pemantauan ketersediaan dan harga daging dan telur di pasar milik Pemkab tersebut. 

“Untuk harga daging sapi masih relatif stabil yaitu Rp140.000/Kg. Kemudian daging ayam potong Rp35.000/Kg-Rp40.000/Kg, daging ayam kampung Rp50.000/Kg serta telur Rp45.000-Rp48.000 per karpet,” ujar Alma Arif seraya menambahkan, untuk stok daging di Kabupaten Lambar aman menjelang bulan Ramadhan. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: