Pesepeda yang Hendak Temui Jokowi Singgah di Kediaman Pakcik

Pesepeda yang Hendak Temui Jokowi Singgah di Kediaman Pakcik

Medialampung.co.id - Luar biasa tekad Joko Pranoto (58) warga Pekon Pahayujaya, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), ia berangkat dari rumah sejak Rabu (11/9) hanya dengan mengendarai sepeda roda Satu, hendak ke Jakarta dengan niat menemui Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk mengadukan terkait rendahnya harga jual kopi andalan hidup mayoritas masyarakat Lambar tersebut.

Saat ini dia telah tiba di Kota Badarlampung dengan kondisi fit. Joko sempat singgah di kediaman Bupati Parosil Mabsus di Jalan Pulau Singkep, Sukabumi Bandar Lampung, Sabtu (14/9).

Kehadiran Joko di rumah Parosil tersebut langsung disambut oleh sang bupati yang merasa terkesima atas tekad pria lebih paruh baya itu yang masih sanggup mengederai sepeda roda satu diantara lalu-lalang dan padatnya kenderaan di jalan raya untuk mewujudkan niatnya hendak bertemu sang presiden.

Parosil berharap usaha yang dilakukan warganya itu membuahkan hasil sebagaimana harapan dan do'a semua petani kopi Kabupaten Lambar, yakni agar pemerintah pusat dapat memperhatikan harga kopi untuk kesejahteraan petani kopi lambar. "Semoga perjuangan yang dilakukan pak Poko mendapat perhatian untuk kesejahteraan petani kopi Lambar umumnya," tegasnya.

Pada kesempatan itu Parosil yang juga disapa warga Pak Cik berpesan kepada Joko selama dalam perjalanan tetap menjaga kesehatan tubuh, dan jangan terlalu memaksakan diri, melainkan jika merasa lelah untuk beristirahat.

Disebutkan niat Joko bertemu Pak Jokowi di Istana Negara Jakarta tersebut, tak lain, untuk menyampaikan keluhan terkait rendahnya harga jual kopi saat ini hanya dihargai Rp18 ribu/kg untuk kualitas seperti kadar air di bawah 17 persen.

"Dengan harga jual dibawah Rp20/kg tentunya tidak sepadan dengan usaha yang dilakukan petani termasuk dengan tingginya harga pupuk. Karena itu saya nekat dan berharap bisa ketemu pak Jokowi biar beliau mengetahui apa yang petani kopi Kabupaten LambarĀ  harapkan," tandasnya. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: