Perusahaan di Lampura Siap Bersinergi Dorong Infrastruktur Jalan Mantap

Perusahaan di Lampura Siap Bersinergi Dorong Infrastruktur Jalan Mantap

Medialampung.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), siap melaksanakan penataan terhadap ruas jalan mengalami kerusakan, khususnya dilintasi kendaraan berat milik perusahaan. 

Seperti yang ada di ruas Jalan Bernah, Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi menuju Desa Kalicinta, Kecamatan Kotabumi Utara. Sehingga layak dilewati masyarakat, sebelum dipindah tangankan kepada Pemprov Lampung.

"Rencananya kedepan begitu, tapi untuk saat ini coba kita siasati di lapangan melalui koordinasi dengan pihak perusahaan. Sebab, pemerintah daerah juga memiliki kepentingan terhadap keberadaannya, sehingga harus ada timbal baliknya," kata Sekdakab Lampura, Lekok didampingi Asisten II Setdakab, Azwar Yazid usai memimpin rapat koordinasi bersama komponen masyarakat, terkait kerusakan jalan dilalui kendaraan perusahaan berada disana, Jumat (26/3).

Menurut Lekok, dalam rapat tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan, diantaranya pihak perusahaan telah siap memperbaiki kerusakan jalan disana, dan meminta melaporkan bila di lapangan terjadi pungutan oleh oknum-oknum mengatasnamakan pihak manapun.

"Ini akan tetap dilanjutkan, sampai kedepan ada kesimpulan terhadap kewenangan status jalan. Sebelumnya milik daerah itu, kepada pemerintah provinsi. Itu yang sedang kita lakukan saat ini," terangnya.

Asisten II Setdakab Lampura, Azwar Yazid menambahkan pihaknya akan berupaya memaksimalkan segala bentuk partisipasi perusahaan yang selama ini ada sesuai perjanjian (MoU) awal. 

Melalui sinergitas guna mewujudkan keinginan masyarakat terhadap jalan layak dilalui disana. Sehingga dapat bermanfaat terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

"Coba akan kita maksimalkan, inikan ada sebenarnya perhatian perusahaan terhadap keberadaan jalan yang dilalui kendaraannya. Melalui sinergitas tentunya, bagaimana apa yang dilakukan mereka lebih terarah terhadap peningkatan akses moda transportasi penunjang aktivitas warga di kabupaten kita cintai ini," khususnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dengan adanya sinergitas itu dapat lebih memaksimalkan upaya mendorong program pemerintah disana. Seperti masalah infrastruktur yang saat ini cukup memprihatinkan di sejumlah wilayah, melalui peran serta seluruh elemen masyarakat. 

Seperti misalnya dari pihak swasta (perusahaan), hingga berdampak bagi kemakmuran masyarakat.

"Coba itu yang akan kita kedepankan saat ini, kedepan akan dirumuskan melalui rapat-rapat atau koordinasi berkelanjutan," kata dia.

Sementara pihak perusahaan siap melaksanakan sinergitas bersama-sama pemerintah daerah, seperti selama ini dilakukan. 

Sehingga dapat berdampak bagi kemakmuran masyarakat, khususnya masyarakat dilalui oleh kendaraan milik perusahaan beraktivitas.

"Kami dari perusahaan siap bersinergi dengan pemerintah, untuk memberi manfaat terhadap masyarakat. Khususnya dalam perbaikkan jalan," kata Ketua Forum Komunikasi Antar Perusahaan (FKAP), Toni Sawang.

Kades Kalicinta, Suparno mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi pihak perusahaan telah memberi kontribusi terhadap perbaikan ruas jalan dilalui kendaraannya. 

Yang nilainya mencapai miliaran rupiah, namun demikian manfaat dirasakan masyarakat masih kurang maksimal. Sehingga berharap dapat dimaksimalkan melalui sinergitas bersama pemerintah daerah dalam pelaksanaannya kedepan.

"Saya hanya berharap dari pertemuan ada yang didapat untuk oleh-oleh untuk masyarakat kami. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan masyarakat dapat segera diwujudkan, khususnya mewujudkan jalan layak di daerah kami," ujarnya.

Sementara, rapat yang dihadiri langsung oleh Kodim 0412/Lampura, Ka Kimal, Kapolres, Camat, Lurah, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan adat setempat.(adk/ozy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: