Ingatkan Bahaya Penggunaan Internet Berlebih, Siswa Remaja Ikuti Penyuluhan 

Ingatkan Bahaya Penggunaan Internet Berlebih, Siswa Remaja Ikuti Penyuluhan 

Medialampung.co.id – Para remaja terutama siswa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan Posyandu remaja sekaligus penyuluhan tentang bahaya penggunaan internet berlebihan di tengah era digital saat ini.

Kegiatan yang digelar oleh petugas Pengelola pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) dan promosi kesehatan UPT Puskesmas setempat itu salah dilaksanakan di SD Negeri Pekon Tebaliokh, Senin (28/3).

Petugas PKPR dan Promkes UPT Puskesmas Batubrak Rizki Utami, A.Md.Kep didampingi perawat pekon Fitri Listiani, A.Md.Kep, menuturkan, bahwa ini menjadi sarana untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi para remaja sekaligus memberikan edukasi kepada para siswa dan siswi sekolah dasar akan bahaya penggunaan internet secara berlebih yang dapat mengakibatkan gangguan kejiwaan.

“Jadi berdasarkan hasil penelitian lembaga kesehatan dampak dari kecanduan internet bisa berdampak tidak baik atau bisa mengakibatkan gangguan kejiwaan atau mental," ucapnya.

Apalagi, lanjut dia, dengan adanya pandemi membuat anak bersekolah leat daring juga membuat orang tua khususnya para ibu kesulitan dalam mengendalikan perilaku anak terkait penggunaan gadget. Akibatnya banyak anak yang menghabiskan waktu dengan mengakses internet atau dunia maya.

“Tentu ini harus sama-sama kita kendalikan, karena akan menimbulkan dampak terhadap kesehatan masyarakat, bahkan masalah terkait gangguan mental yang tentunya berdampak terhadap pembangunan kesehatan," ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya perlu upaya bersama dalam mencegah dan mengendalikan akses penggunaan internet oleh anak-anak agar tidak muncul kecanduan internet.

“Kami juga berharap peran dari orang tua dirumah untuk bisa bersama-sama mengawasi aktivitas anaknya saat menggunakan smartphone disamping upaya pemerintah melalui petugas kesehatan seperti yang kami laksanakan hari ini,” ucapnya.

Disisi lain, terkait pelayanan posyandu remaja, pihaknya memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dasar untuk mendeteksi dini penyakit melalui berbagai metode pemeriksaan.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: