Peratin Anderi Ajak Warga Pantau APBDes Melalui Website Pekon

Peratin Anderi Ajak Warga Pantau APBDes Melalui Website Pekon

Medialampung.co.id - Pemerintahan Pekon Puramekar, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar rapat penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran (TA) 2022 dipusatkan di balai pekon setempat, Kamis (24/3).

Rapat tersebut dipimpin langsung Peratin Andri yang kembali terpilih menduduki jabatan tertinggi pekon setelah memenangkan Pemilihan Peratin (Pilratin) untuk periode keduanya. 

Penetapan APBDes tersebut tentunya menjadi syarat mutlak untuk dapat melakukan tahapan berikutnya yakni pencairan anggaran sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Dalam sambutannya Anderi menyampaikan bahwa dalam pengelolaan APBDes baik itu Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Anggaran Dana Pekon (ADP) harus dilakukan seteransparan mungkin, hal itu agar masyarakat mengetahui pemanfaatan dana yang digulirkan pemerintah baik bersumber dari pemerintah pusat maupun daerah.

Untuk itu, pihak pekon dalam keterbukaan publikasi bukan hanya melalui banner melainkan warga dapat memantau melalui website pekon bahkan melalui media massa. 

"Jika ada hal yang kurang dipahami masyarakat silahkan berkunjung ke balai pekon untuk dapat berkoordinasi langsung dengan jajaran aparatur pekon," ajaknya. 

Sementara Jurutulis (Jurtul) Umar Sabiring, S.Pd., selaku Ketua Tim Banggar APBdes Puramekar, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat pekon, apabila usulan di Tahun 2021. 

Pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pekon, belum tercover hal itu dikarenakan hampir Rp511 Juta, atau 40% Dana Desa dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: