Pekon Harus Berinovasi Tumbuhkan Kepedulian Masyarakat Tentang Literasi

Pekon Harus Berinovasi Tumbuhkan Kepedulian Masyarakat Tentang Literasi

Medialampung.co.id - Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat berkunjung ke Balai Pekon Ringin Sari bersama Tim GLD dalam rangka Melakukan Pembinaan Lamban Baca yang ada di pekon tersebut sekaligus melakukan Kampanye Gerakan Literasi, Sabtu (7/3/2020).

Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kemitraan Tim GLD Lambar Junaidi Jamsari dalam kesempatan itu mengimbau aparat Pekon Ringin Sari, Kecamatan Suoh dapat berinovasi dalam menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam mendukung Gerakan Literasi di pekon tersebut.

" Masyarakat Pekon Ringin Sari adalah masyarakat yang religius, adalah sesuatu yang baik jika masyarakat dapat tergerak, dihimbau untuk bersedekah dalam bentuk Buku ke Lamban Baca Pekon Pelangi di Ringin Sari," ujar Junaidi Jamsari menanggapi masukan dari Nurkholis Peratin Ringin Sari akan kurangnya ketersediaan sumber bacaan (buku, majalah dan lainnya) yang bermutu dan berkualitas bagi masyarakat di Lamban Baca tersebut.

Menurut dia, peratin juga dapat berinovasi menerbitkan Peraturan Pekon yang isinya mewajibkan masyarakat ketika mengurus administrasi di Pekon tersebut untuk dapat mendonasikan satu buah buku bacaan untuk menambah koleksi Lamban Baca Pelangi ini," ujarnya.

Sementara Peratin Ringin Sari Nurkholis menanggapi positif masukan Tim GLD . " Saya pikir ini usulan yang memungkinkan untuk dilaksanakan , terimakasih Tim GLD, semoga kedepan dengan semakin antusiasnya masyarakat terlibat dalam Gerakan Literasi ini, dengan akan semakin neningkatnya jumlah dan ragam sumber bacaan bermutu," kata dia.

Aparat pekon, kata dia, telah melakukan pengintegrasian kegiatan literasi dalam berbagai kegiatan masyarakat, seperti dilihat di komplek Balai Pekon setempat, tersedia Lapangan Olahraga Futsal, Bola Volley, Taman Pendidikan Al Quran, ada Pasar di bagian belakang,  juga masyarakat dapat memanfaatkan akses internet gratis.

Selain melakukan pembinaan Lamban lamban Baca tim GLD diakhir kegiatan memdonasikan buku bahan bacaan kepada empat (4) pengelola Lamban Baca di Ringin Sari dan Pekon Sumber Agung.

Sebelumnya dihari yang sama, Tim GLD yang dipimpin Wakil Ketua Tim GLD Yusmalasari juga telah melakukan pembinaan dan donasi kepada 4 lamban baca di Kecamatan Bandar Negeri Suoh , diantara nya kepada Pengelola Lamban Baca di Pekon Tembelang , Hantatai dan Gunung Ratu . Di Kecamatan ini Tim GLD juga membuat lomba mewarnai khusus untuk anak-anak di TK dan Paud Pekon setempat. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: