Ratusan Siswa SDN 1 Waymengaku Ikuti Penyuluhan Tertib Berlalulintas 

Ratusan Siswa SDN 1 Waymengaku Ikuti Penyuluhan Tertib Berlalulintas 

Medialampung.co.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lampung Barat menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang berlalulintas untuk anak sekolah, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Waymengaku Kecamatan Balikbukit, Senin (21/3)

Tampak hadir Kabid Angkutan Keselamatan Tamrin, Kabid Lalu Lintas Usman serta sejumlah Staf dan guru SDN 1 Waymengaku.

"Maksud dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar dalam rangka pemberian pengetahuan berlalulintas kepada anak-anak pelajar sekolah sehingga dapat menumbuhkan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan," ungkap Plt. Kepala Dishub Drs. Junaidi Jamsari, M.M, Senin (21/3).

Menurut dia, tujuan kegiatan berlalulintas untuk anak sekolah adalah meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, mengurangi resiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan, menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda melalui pelajar untuk berperilaku tertib berlalu lintas dan menyebarluaskan informasi tentang keselamatan jalan ke kalangan generasi muda melalui pelajar.

"Peserta yang mengikuti kegiatan berlalulintas dari siswa-siswi SD kelas 4, 5 dan 6," kata dia.

Menurut dia, adapun rangkaian acara pelaksanaannya yaitu sambutan dari pihak sekolah SD Negeri 1 Waymengaku diwakili Risman, S.Pd.

Selanjutnya, Kabid Lalulintas Usman menyampaikan materi antara lain jenis -jenis kendaraan yang meliputi pesawat, mobil, kapal, bus, kereta api, perahu, sepeda, dan truk.

Kemudian tentang pengetahuan rambu yang meliputi rambu peringatan, rambu ini berisi peringatan bagi para pengguna jalan bahwa didepan ada sesuatu yang berbahaya, rambu ini di desain dengan dengan latar belakang kuning berwarna hitam.

Lalu, Rambu larangan berisi larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna jalan rambu ini didesain dengan latar putih dan warna gambar atau tulisan merah dan hitam. 

Selanjutnya rambu perintah adalah perintah yang harus dilakukan oleh pengguna jalan rambu perintah didesain dengan bentuk bundar berwarna biru dengan gambar putih dan merah.

Rambu Petunjuk Rambu menunjukan sesuatu dan Rambu Tambahan yaitu rambu yang memberikan keterangan tambahan dan Rambu no rute Jalan.

Masih kata dia, untuk prosedur menyebrang, siswa-siswi untuk memperhatikan saat akan menyebrang jalan dengan memperhatikan hal-hal menyeberanglah di Zebra Cross, tengok kanan dan kiri apakah ada kendaraan yang akan lewat, bila jalan sudah kosong, baru menyebrang.

Sementara Kabid Angkutan Keselamatan Tamrin mengatakan tujuan kegiatan berlalulintas untuk anak sekolah adalah meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, mengurangi resiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan, menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda melalui pelajar untuk berperilaku tertib berlalu lintas dan menyebarluaskan informasi tentang keselamatan jalan ke kalangan generasi muda melalui pelajar. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: