Raih Predikat WBK, BPN Bandarlampung Terus Berinovasi Tingkatkan Pelayanan Publik 

Raih Predikat WBK, BPN Bandarlampung Terus Berinovasi Tingkatkan Pelayanan Publik 

Medialampung.co.id - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandarlampung  terus berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terbukti pada awal tahun 2021 ditunjuknya BPN Bandarlampung sebagai salah satu kantor yang diusulkan meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) oleh BPN Provinsi Lampung.

"Dalam upaya meraih hal tersebut kita lakukan berbagai cara, Seperti memberikan pelayanan publik yang berkualitas dengan transformasi manual ke digital," Kata Kasubag Tata Usaha (TU) BPN Kota Bandarlampung, Nina Vindialika Saat memberikan keterangan kepada awak media, Jum'at (31/12).

Kemudian upaya peningkatan pelayan publik kepada masyarakat dengan adanya Drive Thru.

"Layanan ini memberikan akses Kepada masyarakat yang akan mengambil sertifikat tanpa harus masuk ke dalam loket layanan. Terobosan ini sangat memangkas waktu menunggu dan antrian," terangnya. 

Lanjutnya, Ada juga inovasi Roya 21 menit. Layanan dikhususkan kepada pemohon tanpa kuasa yang datang langsung ke kantor BPN Bandarlampung untuk mengurus roya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Kemudian ada juga Gaspol (Perubahan hal on location) hadir ditengah masyarakat dalam rangka mendekatkan layanan dengan cara mendatangi perumahan-perumahan subsidi dengan luas kurang dari 600 m2 dengan status hak bangunnya hampir habis masa berlakunya. 

"Sejauh ini tidak kurang dari 50 perumahan subsidi kita datangi dan mendapat respon sangat baik. Dan ini sangat ditunggu masyarakat kemudian meningkatnya pemohon yang mengurus sendiri sertifikatnya," terangnya. 

Selanjutnya ada layanan antar sertifikat (Lantah) diberikan kepada masyarakat dalam upaya kompensasi bagi layanan yang melebihi jangka waktu SOP. Lebih dari itu Lantah juga memberikan privilege kepada kelompok masyarakat prioritas seperti penyandang disabilitas, lansia dan ibu hamil. 

"Ada juga Tiara (Plotting Bandarlampung) ini dibuat guna memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mem-plotting bidang tanahnya yang sudah di sertifikat tanpa harus datang ke kantor BPN," ungkapnya. 

Jelang akhir tahun BPN Bandarlampung berhasil raih WBK diberikan oleh Kementerian PAN & RB. 

"Predikat bergengsi ini  tentunya adalah amanah yang harus dijaga dan dijadikan pemicu untuk terus berprestasi sekaligus memberikan inovasi dan semangat kepada seluruh pegawai BPN Kota Bandarlampung untuk terus memberikan pelayanan terbaik Kepada masyarakat," pungkasnya. (ded /mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: