Dinsos Pesbar Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Dinsos Pesbar Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Medialampung.co.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) pada Jumat (8/10), menyerahkan bantuan stok penyangga (Buffer Stock) logistik kepada para korban yang tertimpa musibah kebakaran di Pasar Way Heni Pekon Penyandingan, Kecamatan Bangkunat, hingga menyebabkan empat rumah toko (ruko) ludes terbakar.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, dr. Edwin Maas, mendampingi Kepala Dinsos Pesbar Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mengatakan setelah mendapat laporan ada musibah kebakaran pada Kamis (7/10) malam kemarin, di Pasar Way Heni hingga menghabiskan empat ruko milik warga, Dinsos setempat hari ini langsung turun ke lokasi untuk menyerahkan bantuan kepada para korban yang tertimpa musibah.

“Selain menyerahkan bantuan, kita juga sekaligus mengecek dampak kerugian akibat kebakaran ruko milik Soman (55), Sartono (40), Sumi (45), dan Nurohman (27) itu, dan pengecekan lainnya,” katanya.

Sementara itu, kata dia, untuk bantuan buffer stock yang diserahkan kepada para korban kebakaran berupa makanan siap saji, matras, selimut, dan kebutuhan logistik lainnya. Dirinya berharap semua buffer stock yang telah diserahkan itu dapat membantu meringankan beban para korban untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari.

“Kita juga berharap kepada Peratin dan Camat segera menyampaikan laporan secara tertulis, terkait dengan musibah kebakaran itu termasuk data kerugian ke Dinsos Pesbar dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, pasca terjadinya musibah kebakaran itu, tim Satuan Pelaksana (Satlak) BPBD Pesbar di Kecamatan Bangkunat, Jumat (8/10) kemarin  bergotong royong membantu membersihkan puing-puing sisa kebakaran yang sudah tidak digunakan kembali.

Koordinator Satlak BPBD Pesbar Kecamatan Bangkunat, Agus Yudiyono, mengatakan sebanyak lima orang tim dari Satlak Kecamatan Bangkunat yang juga dibantu masyarakat di wilayah Pasar Way Heni itu melakukan kegiatan gotong royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran, dan mengumpulkan barang-barang lainnya yang memang masih bisa digunakan oleh pemilik ruko korban kebakaran tersebut.

“Sejak terjadi  kebakaran hingga pasca musibah itu, kami dari Satlak BPBD Pesbar di Kecamatan Bangkunat berupaya tetap tanggap membantu masyarakat, seperti dalam pembersihan di lokasi kebakaran itu,” pungkasnya.(yan/d1n)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: