Besok, 2.440 Vaksin Covid-19 Tiba di Lambar 

Besok, 2.440 Vaksin Covid-19 Tiba di Lambar 

Medialampung.co.id - Rencanya, sebanyak 2.440 Vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) untuk tahap I Termin 2 bulan Februari 2021 akan tiba di Kabupaten Lampung Barat.  Dari total 2.440 dosis vaksin corona sinovac akan didistribusikan, peruntukannya 1.205 Tenaga Kesehatan (Nakes), 1.220 Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), selain 10 pejabat esensial.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Bidang Komunikasi Publik Dinkes Lambar Erna Yanti, S.Farm, Apt, MPH., mengungkapkan, vaksin sinovac tersebut akan diberangkatkan dari Bandarlampung pada pukul 08.00 WIB, dan diperkirakan akan tiba di Lambar sekitar pukul 13.00-14.00 WIB.

”Iya, jika tidak ada perubahan, besok vaksin Covid-19 dengan kuota sesuai surat keputusan Kementrian Kesehatan yakni berjumlah 2.440 vaksin akan tiba di Lambar, vaksin akan diberangkatkan  besok pagi,” ungkap Erna.

Dijelaskan, jika tidak ada perubahan dijadwalkan bulan Februari, persiapan termasuk sarana prasarana vaksinasi sudah dilakukan. Berdasarkan jadwal yang ditetapkan termasuk penetapan kuota vaksin, Lambar masuk pada tahap pertama termin kedua vaksinasi Covid-19 bersama 11 kabupaten lain di Provinsi Lampung. 

”Sesuai dengan surat dari Kemenkes yang pertama akan menjalani vaksinasi yakni Nakes, dimana Lambar sesuai dengan surat tersebut berjumlah 1.205 Nakes, serta pejabat publik esensial 10 orang, dan 1.440 SDMK. Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut sembari kami melakukan sejumlah persiapan lainnya dan saat ini semua persiapan sudah dilakukan, tinggal pelaksanaanya lagi,”  ujarnya.

Sebelumnya Dinkes telah melakukan pendataan kesiapan cold chain vaksin Covid-19 yang ada di seluruh Puskesmas yang ada di kabupaten setempat. Pendataan ini sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan dengan tahap pertama yang akan mendapatkan vaksin dari kalangan Nakes secara umum.

Cold chain terdiri atas lemari es dan freezer untuk menyimpan vaksin, dan termos (vaksin carrier) untuk membawa vaksin ke tempat pelayanan imunisasi, terutama untuk kegiatan di luar gedung/lapangan. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: