Berkah Ramadhan, Karang Taruna Pekon Sukapura Berwirausaha

Berkah Ramadhan, Karang Taruna Pekon Sukapura Berwirausaha

Medialampung.co.id - Momentum Ramadhan dimanfaatkan sejumlah anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Indonesia (KTI) Mulya Mandiri Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat dengan membuka warung takjil di Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Hal ini mewarnai suasana ngabuburit di jalur simpang Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Way Besai Sumberjaya, yang menjadi salah satu sasaran tempat mangkal para anak muda berjualan makanan takjil disaat menjelang berbuka puasa.

Pembina Karang Taruna Mulya Mandiri, yang juga Peratin Sukapura Setiawati mengungkapkan lokasi simpang PLTA Way Besai Sumberjaya yang merupakan jalur masuk komplek PLTA dan masyarakat pekon.

Disebutkan di setiap momen ramadhan, terutama di sore hari menjelang berbuka puasa menjadi wilayah hilir mudiknya masyarakat sekedar berjalan-jalan sambil menunggu waktu maghrib.

Karena itu Pemuda Karang Taruna Mulya Mandiri memanfaat situasi tersebut bersama dengan kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tunas Muda Sukapura dengan membuka warung dadakan yang menjual berbagai menu takjil dari mulai kue manis, bermacam gorengan, es buah, es cendol, sayur siap saji dan lainnya.

"Lokasi tersebut menjadi warung dadakan di setiap bulan Ramadhan. Momentum tersebut dimanfaatkan anak-anak muda Karang Taruna untuk belajar berwirausaha dengan membuka warung dengan berjualan makanan takjil," ungkapnya.

Para remaja menjual beberapa makanan tradisional yang biasanya hanya ada di bulan ramadhan seperti makanan manis, makanan basah, kolak dan sejenisnya. 

Ditambahkan aparatur pekon setempat Erik Saputra, kegiatan itu memiliki tujuan untuk melatih para pemuda yang ada di dalam organisasi Karang Taruna, khususnya dalam pengembangan usaha ekonominya.

Karang Taruna, kata dia, sebagai organisasi kepemudaan harus memiliki potensi dan kemampuan secara kelembagaan dalam menopang setiap kegiatannya baik potensi SDM maupun sosial ekonomi.

Selain belajar untuk penguatan keorganisasian juga sebagai bekal mereka di masa mendatang.

Pihaknya berharap agar usia remaja dan menjelang dewasa akan sangat baik dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif salah satunya bergabung di Karang Taruna.

“Dengan bergabung di karang taruna dan dibekali beberapa pelatihan berwirausaha diharapkan bukan saja untuk memperkuat keorganisasian, mereka namun bekal mereka di masa mendatang,” harapnya.

Lebih lanjut Erik Saputra juga menjelaskan, komitmen Pemdes untuk mengembangkan karang taruna sebagai wadah perkumpulan anak-anak muda di pekonnya, pihaknya sangat serius.

Salah satunya dari kegiatan olahraga, pemuda karang taruna telah memfasilitasi perbaikan lapang bola atau kegiatan lain seperti sawung baca dan lainnya.

“Kami berharap agar langkah-langkah positif yang telah dilakukan oleh Karang Taruna hendaknya bisa berkelanjutan dengan peran para pemuda akan bisa membantu pembangunan yang ada di Pekon Sukapura ini. Ke depan kita juga akan mengajak Karang Taruna untuk dapat mengelola kegiatan-kegiatan usaha ekonomi pekon dan lainnya,” pungkasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: