Belum Ada Perhatian Pemkab, Warga Pekon Mekarjaya Swadaya Perbaiki Jalan

Belum Ada Perhatian Pemkab, Warga Pekon Mekarjaya Swadaya Perbaiki Jalan

Medialampung.co.id - Belum terlihat hilalnya kapan akan ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), akhirnya warga Pekon Mekarjaya, Kecamatan Gedungsurian inisiatif melakukan upaya perbaikan secara swadaya terhadap jalan yang amblas di Pemangku Purautama l, Jumat (18/3).

Warga setempat Heri menyebutkan, akibat cuaca ekstrim yang terjadi sejak awal tahun kemarin menyebabkan kerusakan infrastruktur di beberapa titik di pekon itu khususnya.

Seperti yang berada di Pemangku Purautama l gorong-gorong plat yang tertanam di dasar jalan hancur, air mengikis tanah jalan hingga longsor dan memakan badan jalan. 

Dijelaskannya ruas yang rusak tersebut merupakan jalan milik kabupaten. Artinya dalam penanganan yang dilakukan oleh pemkab, namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan perbaikan tersebut. 

"Harusnya kerusakan ini ditangani dinas terkait, tapi warga tidak sabar karena penanganannya lambat akhirnya berinisiatif melakukan upaya perbaikan secara permanen dengan memanfaatkan material swadaya," ungkapnya.

Lanjut Heri gotong royong perbaikan jalan longsor tersebut dilaksanakan untuk mencegah lumpuhnya transportasi di pekon itu karena semua jalan masuk pekon rusak bahkan penghubung dengan Pekon Puramekar saat ini sudah tidak dapat dilalui mobil. 

Terpisah disampaikan Peratin Mekarjaya Atim, S.H., menyampaikan kerusakan-kerusakan infrastruktur yang terjadi di pekon itu sudah dilaporkan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar.

"Sebagian besar jalan yang rusak karena termakan usia, dan memang sudah layak dibangun," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: