Lantik 5 Peratin di Kebuntebu, Parosil: Bangun Pekon Secara Gotong Royong dan Inovatif

Lantik 5 Peratin di Kebuntebu, Parosil: Bangun Pekon Secara Gotong Royong dan Inovatif

--

Medialampung.co.id - Berdasarkan hasil pemilihan peratin (Pilratin) serentak yang dilaksanakan pada 23 Februari 2022 lalu, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus secara resmi melakukan pengambilan sumpah jabatan dan melantik sebanyak lima (5) peratin terpilih Kecamatan Kebuntebu yang berlangsung di Lapangan Pekon Purajaya, Sabtu (25/5).

Kelima peratin yang dilantik tersebut, Peratin Pekon Purajaya Samsu Kendar, S.Hut., Peratin Pekon Muarajaya I Subarkat, Peratin Pekon Muarajaya II Ardiyo Pratama Putra, A.Md,  Peratin Pekon Purawiwitan Karyanto, dan Peratin Pekon Tribudisyukur Juyanto

Pelantikan berjalan dengan hikmat serta dimeriahkan oleh sajian seni budaya seperti tarian sembah batin yang ditampilkan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kebuntebu dan seni Nyambai dari Pekon Purawiwitan 

Pada sambutannya, Bupati Parosil Mabsus menyampaikan beberapa catatan penting kepada lima peratin yang baru dilantik. Seperti pemilihan peratin telah selesai, maka pekerjaan yang berat telah menanti dan sesuai dengan janji dan sumpah yang telah diucapkan. 

"Laksanakan amanah rakyat dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab untuk menata, membangun dan memajukan pekon agar tercipta Pekon Mandiri," pesannya. 

Tak lupa juga Parosil mengatakan kunci dalam membangun sebuah pekon, harus dapat saling bahu membahu karena membangun pekon itu perlu adanya konsep gotong royong

Parosil yang akrab disapa Pakcik itu berpesan terhadap peratin yang telah dilantik kedepannya harus memiliki mimpi dan mampu menciptakan inovasi serta melahirkan gagasan program terhadap pekon agar tercipta pekon mandiri. 

"Kalau pemimpin tidak mempunyai mimpi maka pekon tidak akan pernah maju," imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan, dalam membangun sebuah pekon itu sebenarnya tidak sulit, lakukan program yang diapresiasi oleh masyarakat.

Jika pemkab Lambar mencanangkan program seragam gratis untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka peratin dapat mencanangkan program seragam gratis terhadap siswa-siswa Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang bersumber dari anggaran Dana Desa (ADD).

Sementara dalam sambutan Tokoh Masyarakat yang tidak asing lagi bagi warga Kabupaten Lampung Barat Drs. H. Mukhlis Basri mengucapkan, pelantikan yang dilakukan hari ini terhadap lima peratin terpilih menandakan akhir dari pesta demokrasi.

Maka siapapun yang menang dalam pesta demokrasi lalu harus didukung bersama oleh semua warga  jangan pernah membicarakan siapa yang pernah memilih.

"Tugas saudara kedepannya harus dapat, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik," ajak mantan Bupati Dua Periode Lambar yang saat ini duduk di Komisi l DPR RI tersebut. 

Mukhlis berharap kedepannya Kecamatan Kebuntebu dengan kepemimpinan peratin yang baru dapat lebih sukses dan maju  

"Saya berharap kedepannya masyarakat Kebuntebu tidak ada yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) lagi," pungkasnya.

Dalam pelantikan yang dihadiri Tokoh Masyarakat Provinsi Lampung Mukhlis Basri, tampak hadir Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar Edi Novial, S.Kom beserta anggota,  Ketua Tim Penggerak (TP-PKK) Lambar Partinia Parosil Mabsus para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jajaran Camat Kebuntebu, Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Babinsa, Bhabinkamtibmas.

Seluruh Peratin, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat Dan masyarakat setempat.(r1n/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: