Rumah BUMN BRI Jadi Kunci Sukses Sambal Kawani Tembus Pasar Internasional

Rumah BUMN BRI Jadi Kunci Sukses Sambal Kawani Tembus Pasar Internasional

Dari dapur ayam goreng rumahan, Sambal Kawani kini dikenal di pasar internasional--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dari dapur kecil yang hanya menyajikan ayam goreng rumahan, Sambal Kawani kini menjelma menjadi produk sambal kemasan yang mendunia. 

Siapa sangka, dari sebuah krisis pandemi, muncul peluang emas yang kini membawa cita rasa khas Indonesia ke Taiwan dan sejumlah negara lainnya.

Di balik kesuksesan ini, ada sosok Daniel Hendra yang jeli melihat peluang saat kondisi bisnis menurun drastis. 

Kala itu, omzet dari usaha ayam gorengnya yang sebelumnya bisa menembus Rp3,5 juta per hari, mendadak terjun bebas akibat pembatasan sosial dan sepinya food court. 

BACA JUGA:Harga BBM Nonsubsidi Turun, Mulai Berlaku 1 Juni 2025

Namun, di tengah keterpurukan, Daniel menyadari satu hal penting: sambal racikannya tetap diburu pelanggan.

“Orang tetap datang untuk sambalnya,” ujarnya, mengingat momen kunci yang membuatnya banting setir fokus ke produksi sambal.

Langkah ini membuahkan hasil luar biasa. Bukan cuma sambal biasa, Sambal Kawani menghadirkan berbagai varian dengan rasa otentik yang mampu mengobati rindu diaspora Indonesia di luar negeri. 

Mulai dari sambal ikan roa, cumi, oseng iga, hingga sambal chili oil, semuanya dikemas untuk mempertahankan rasa masakan rumahan khas Nusantara.

BACA JUGA:BRI Dorong Sertifikasi Halal untuk UMKM Lewat Program BRI Peduli

Saat ini, permintaan sambal dari Taiwan terus meningkat, bahkan bisa mencapai ribuan botol setiap pemesanan. 

Melihat respons positif tersebut, Daniel pun mulai memperluas varian rasa sesuai dengan selera pasar internasional.

Tak hanya Taiwan, Sambal Kawani juga mulai merambah pasar Malaysia dan Singapura. 

Meski masih dalam tahap jasa titip atau jastip, Daniel optimistis produk sambalnya akan masuk secara resmi dalam sistem ekspor bulking. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: