Polda Lampung Siap Amankan Debat Kandidat Pilgub Lampung 2024

Kamis 10-10-2024,09:05 WIB
Reporter : Krisna Jeri
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Polda Lampung telah menyiapkan personel keamanan untuk memastikan debat kandidat perdana calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Lampung berlangsung aman dan lancar. 

Acara debat kandidat yang rencananya akan digelar pada 13 Oktober 2024 ini akan dihadiri oleh dua pasangan calon, yakni Mirza-Jihan dan Arinal-Sutono.

Kapolda Lampung, Irjen Pol. Helmy Santika, menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan keamanan selama berlangsungnya debat. 

"Kami berharap dengan pengamanan yang ketat, semua aspek keamanan dapat terjaga dengan baik dan tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu jalannya acara," ujar Helmy dalam pernyataannya, Rabu (9 Oktober 2024).

BACA JUGA:Kapolres Lamsel Himbau Netralitas dan Kondusivitas Kepada ASN di Kepulauan

Dirinya juga menyampaikan bahwa Polda Lampung terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk TNI, Bawaslu, KPU, serta stakeholder lainnya.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan suasana yang kondusif dan mendukung suksesnya Pilkada di Lampung. Ini adalah prioritas kami agar seluruh tahapan Pilkada berjalan aman," tambahnya.

Kapolda menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengamanan Pilkada dan meminta jajarannya, baik di tingkat kasatker maupun kasatwil, untuk selalu bekerja sama dan menjaga komunikasi intensif dengan instansi terkait. 

Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa proses demokrasi berjalan tanpa gangguan.

BACA JUGA:Polri Tingkatkan Penanganan Kejahatan Siber dengan Pembentukan 8 Direktorat Reserse Siber di Era Jokowi

Kapolda Lampung juga menegaskan bahwa seluruh personel Polri yang terlibat dalam pengamanan Pilkada harus menjaga profesionalisme dan netralitas. 

"Saya selalu ingatkan kepada para personel agar menjunjung tinggi netralitas, tidak terlibat dalam politik praktis, dan tidak menguntungkan atau merugikan salah satu calon kepala daerah. Jika ada anggota yang terbukti melanggar, akan ada tindakan tegas," jelas Helmy.

Selain itu, Helmy juga menyampaikan komitmen Polda Lampung untuk terus memantau situasi keamanan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi menjaga ketertiban selama proses Pilkada 2024 berlangsung.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol. Umi Fadilah Astutik, mengimbau masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama gelaran kampanye Pilkada di wilayah Lampung. 

BACA JUGA:Polisi Minta Masyarakat Lambar Segera Lapor Jika Kembali Melihat Penampakan Beruang

Kategori :