Kopi Mencegah Kematian Karena Kanker, Mitos Atau Fakta?

Jumat 27-09-2024,23:03 WIB
Reporter : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. 

Bukan hanya karena angka kematiannya yang tinggi, tetapi juga karena banyaknya informasi yang tidak akurat dan mitos yang beredar di masyarakat. 

Seringkali, orang yang mendengar berbagai klaim mengenai kanker menjadi kebingungan, terutama ketika informasi tersebut tidak didukung oleh fakta ilmiah. 

Artikel ini akan membahas beberapa mitos populer seputar kanker, serta meluruskan fakta yang sebenarnya berdasarkan penjelasan dari ahli.

BACA JUGA:Sepertiga Anak Menderita Rabun Jauh, Melonjak Tajam Pasca Pandemi COVID-19

Benarkah Kopi Mencegah Kematian Karena Kanker?

Salah satu mitos yang sering muncul adalah bahwa minum kopi dapat mencegah kematian akibat kanker. 

Banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin dapat menjauhkan mereka dari penyakit mematikan ini. 

Namun, DR. dr. Andhika Rachman, Sp.PD-KHOM, seorang dokter spesialis penyakit dalam hematologi onkologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, menjelaskan bahwa anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

“Nggak langsung dengan minum kopi menjadi anti kanker, tapi minum tiga gelas sehari dia akan menyelamatkan jantung, dan kopi ada antioksidan tinggi,” jelas Andhika. 

Dalam hal ini, kopi memang memiliki manfaat karena kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh. 

Namun, kopi bukanlah obat atau pencegah kanker. Manfaatnya lebih terkait dengan kesehatan jantung dan pencegahan penyakit inflamasi. 

Penting juga dicatat bahwa tidak semua orang bisa mengkonsumsi kopi, terutama mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi atau gangguan lambung.

BACA JUGA:Makan Durian, Apa Saja Manfaat dan Risikonya?

Kuku Bisa Mendeteksi Kanker, Mitos atau Fakta?

Kategori :