Jelang Pilkada, Bawaslu Lampung Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Selasa 24-09-2024,13:05 WIB
Reporter : Krisna Jeri
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menjelang Pilkada 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung menggelar Deklarasi Kampanye Damai pada Senin, 23 September 2024. 

Acara ini berlangsung di Gedung Bagas Raya, Kota Bandar Lampung.

Deklarasi ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Lampung Samsudin, Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, serta Bawaslu dari tingkat kabupaten/kota. 

Turut hadir juga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, yaitu pasangan nomor urut 01 Arinal-Sutono, serta pasangan nomor urut 02 Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela, beserta partai pengusung dan para simpatisan.

BACA JUGA:Makna Nomor Urut bagi Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Lampung, Iskardo P. Panggar, menekankan pentingnya menjaga suasana damai selama masa kampanye dengan berlandaskan nilai-nilai lokal seperti semboyan "Sang Bumi Ruwa Jurai".

"Pilkada adalah momentum penting bagi masa depan Provinsi Lampung. Kita perlu menerapkan nilai-nilai Sang Bumi Ruwa Jurai serta prinsip Piil Pesenggiri dan Nemui Nyimah dalam setiap tahapan Pilkada," tegas Iskardo.

Ia juga mengingatkan semua pihak akan tanggung jawab bersama untuk menjaga kedamaian, tidak hanya selama masa kampanye tetapi hingga seluruh tahapan Pilkada selesai.

"Menjaga stabilitas keamanan tidak hanya sampai pemungutan suara, tetapi juga hingga seluruh tahapan Pilkada selesai," tambahnya.

BACA JUGA:Berikut Daftar Nomor Urut Paslon Pilkada Serentak Provinsi Lampung 2024

Pj. Gubernur Lampung Samsudin juga menyampaikan bahwa deklarasi ini merupakan komitmen bersama untuk memastikan Pilkada berlangsung damai, jujur, dan adil. 

Ia mengajak semua pihak untuk bekerja sama menjaga suasana yang kondusif.

"Pilkada damai bukan hanya slogan, tapi tanggung jawab bersama. Mari kita ciptakan suasana yang aman, kondusif, dan damai selama seluruh tahapan Pilkada berlangsung," kata Samsudin.

Kategori :