Jadi Inspektur Upacara HUT RI Perdana di Kota Baru, Pj Gubernur Samsudin: Ini Momen Istimewa Bersejarah

Sabtu 17-08-2024,09:23 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pj Gubernur Lampung Samsudi menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 yang dilaksanakan di kota baru, Lampung Selatan Sabtu 17 Agustus 2024.

Dalam upacara tersebut ketua DPRD Provinsi Lampung Minggrum Gumay bertugas membacakan teks Proklamasi.

Dalam sambutannya Pj Gubernur Samsudin mengatakan tahun ini upacara peringatan tahun ini memiliki makna yang sangat istimewa dan mendalam.

"Ini memiliki makna yang istimewa bagi kita semua. Hari ini akan dicatat sebagai momen bersejarah Karena untuk pertama kalinya kita melaksanakan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2024 di Kota Baru yang kita cintai bersama ini,"ungkapnya. 

BACA JUGA:Malam Renungan Suci, Nukman Berharap Jadi Pemicu Semangat Baru Lanjutkan Perjuangan

BACA JUGA:Puluhan Mobil Hias Warnai Pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di Kecamatan Jatiagung

"Bersamanya Kota Baru menjadi saksi dari rasa cinta dan menghormati kita kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini serta para tokoh para pahlawan Provinsi Lampung yang telah sekian lama membangun Provinsi Lampung yang kita cinta ini. Serta harapan untuk Lampung yang lebih sejahtera Lampung maju merata dan berkelanjutan,"jelasnya.

Lanjutnya, HUT RI 79 tahun yang lalu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan menandai langkah awal perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan serta membangun negara yang maju adil makmur dan sejahtera. 

"Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia ini bukan sekedar seremonial. Tetapi merupakan momentum untuk merenungkan kembali perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, mengorbankan raga dan harta demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kitalah satu-satunya negara di dunia ini yang merdeka dan berdaulat melalui perjuangan dengan tetesan darah dan bambu runcing para pejuang kita sendiri.

Dan hanya kitalah yang berhasil mengusir penjajah dari tanah kita sendiri bumi nusantara kita bukan diberikan oleh negara lain,"ungkap Samsudin. 

BACA JUGA:Wisata Hemat di Puncak Gunung Balau, Nikmati Pesona Senja dan Gemerlap Kota Bandar Lampung

BACA JUGA:dr Zaidul Akbar Bagikan Tips Memasak Nasi Rendah Gula untuk Penderita Diabetes

Ia mengatakan kita bangsa pejuang dan mandiri sejak lama. perjuangan leluhur mengajarkan kita bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini harus diisi dengan kerja keras, diisi dengan persatuan dan diisi dengan semangat saling bergotong-royong.

"Peserta upacara dan hadirin yang saya muliakan tema peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini yaitu Nusantara baru, Indonesia maju. Tema tersebut menggambarkan Indonesia baru yang bersiap tinggal landas menuju masa depan yang lebih gemilang.

'Tiga transisi perjuangan menuju masa depan yang lebih gemilang yaitu menyusun Ibu Kota Baru, pergantian kepemimpinan serta visi Indonesia emas tahun 2045. Transisi ini adalah momentum yang besar yang harus kita raih dengan sukses dengan semangat baru dan kesetaraan Sai bumi ruwa Jurai sebagai bagian dari nusantara memiliki peran strategis dalam mewujudkan Indonesia maju dengan sumber daya alam yang melimpah, potensi ekonomi yang besar dan keragaman budaya yang kaya kita memiliki," ungkapnya.

Kategori :