Aparat Pekon Sindang Pagar Ikut Bimtek Pencatatan Sipil

Rabu 07-08-2024,20:35 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Dedi Andrian

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menyambangi Pekon Sindang Pagar, Kecamatan Sumber Jaya, dalam rangka Bimbingan Teknis (Bimtek) sekaligus sosialisasi terkait Pencatatan Sipil, di balai pekon setempat Rabu 7 Agustus 2024.

Dari wartawan media ini dilokasi, tim pemateri terdiri dari Disdukcapil Lambar yakni petugas Personal Linda Masoni, S.Ag., Abdul Rahman, S.I.P., bersama Peratin Sindang Pagar Sudriman dan peserta aparatur pekon, tokoh masyarakat tokoh agama muslim, non muslim serta bidan desa. 

Abdul Rahman menyampaikan, sasaran Bimtek yakni aparatur pekon, seperti kepala pemangku, tokoh masyarakat tokoh agama. Karena pihak tersebut sebagai perwakilan pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya Administrasi Kependudukan (Adminduk). 

Sehingga, supaya masyarakat betul-betul dapat melengkapi dan memiliki kelengkapan adminduk tersebut, maka diberikan sosialisasi, diantaranya pentingnya adminduk contoh tentang akta kematian akta lahir dan akta nikah (perkawinan).

BACA JUGA:Pupuk Bersubsidi di Lampung Barat Terserap 9.221 Ton

BACA JUGA:Terlibat Politik Praktis, Oknum ASN Disdikbud Lampung Barat Diberikan Pembinaan

"Tiga jenis adminduk ini menjadi salah satu syarat yang selalu harus di lengkapi dalam berbagai urusan seperti akte kelahiran persyaratan mendaftarkan diri sekolah akte perkawinan menjadi salah satu syarat seperti dalam penerimaan Bantuan Sosial (Bansos). Maupun keperluan lain yang tidak kalah pentingnya," ujarnya, mewakili Kepala Disdukcapil Ruspan Anwar, S.H. 

Atas dasar tersebut, kata dia, Disdukcapil Lambar secara intens setiap tahunnya melakukan bimtek yang diberikan secara bergilir tiap pekon/kelurahan seperti tahun ini. 

Sasaran satu pekon setiap kecamatan, dan untuk Kecamatan Sumber Jaya tahun ini menjadi giliran Pekon Sindang Pagar. 

"Bimtek terkait pencatatan sipil tahun ini di sumber jaya kita tempatkan di Sindang Pagar dan tahun sebelumnya di Pekon Simpang Sari, untuk kedepannya juga pasti akan menjadi giliran pekon lain," terangnya.

BACA JUGA:Umroh Gratis, Pemkab Lampung Barat akan Berangkatkan 40 Orang

BACA JUGA:ADP Triwulan II, DPMP Lampung Barat Rekomendasikan 131 Pekon

Sementara, Peratin Sudirman dalam sambutnya mengucapkan terima kasih atas kunjungan pihak Disdukcapil Lambar melakukan bimtek tersebut dan kepada peserta sosialisasi. 

Ia menghimbau, ada pemahaman yang diperoleh dapat di sampaikan kepada masyarakat. Atau menjadi bahan pengetahuan aparatur dalam sosialisasi lanjutan.

"Terkait pentingnya Adminduk, memang perlu dipahami aparatur pekon yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Karena pengetahuan yang dia peroleh ini menjadi dasar untuk disampaikan ke warga agar kelengkapan Adminduk memiliki setiap warga," tutupnya.

Kategori :