Pemkab Lampung Selatan Rehab Rumah Warga Sumur Kumbang melalui Program Geserbu

Rabu 24-04-2024,16:41 WIB
Reporter : Budi Setiawan
Editor : Budi Setiawan

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Murnah (62), seorang warga Dusun Kemiling, Desa Sumur Kumbang, Kecamatan Kalianda, tak henti-hentinya mengucapkan syukur setelah mengetahui bahwa rumahnya akan direnovasi secara gratis melalui Program Gerakan Seribu Rupiah (Geserbu). 

Bantuan bedah rumah yang diterimanya ini merupakan inisiatif langsung dari Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto.

Murnah merasa sangat terharu dan mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. 

Selama bertahun-tahun, rumahnya yang berdinding geribik sering bocor saat hujan. Dengan keenam anaknya yang sudah berkeluarga, Murnah tinggal seorang diri di rumah tersebut.

“Kondisinya sudah tidak layak, kadang juga bocor. Sebenarnya sudah lama diusulkan dari pihak desa untuk dapat bantuan bedah rumah. Alhamdulilah rezekinya hari ini,” ucap Murnah dengan wajah penuh kebahagiaan saat ditemui di kediamannya pada Rabu pagi (24 April 2024).

Murnah berharap, melalui program bedah rumah ini, lebih banyak warga yang kurang mampu dapat terbantu untuk memiliki rumah yang layak dan nyaman.

“Alhamdulilah sangat senang dan terharu. Terima kasih pemerintah daerah dan pak bupati. Saya sangat terbantu, sehingga bisa punya rumah yang lebih layak,” kata Murnah.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menjelaskan bahwa Program Geserbu merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terhadap rumah tangga kurang mampu. 

Program ini bertujuan untuk menekan angka kemiskinan ekstrem di wilayah tersebut. 

“Ini program gotong royong yang dananya senilai Rp20 juta. Kami serahkan kepada camat sebagai koordinator dan nantinya untuk membeli material bangunan,” ujar Nanang.

Di sela-sela penyaluran bantuan tersebut, Bupati Nanang Ermanto juga menyempatkan diri melihat kondisi rumah Salimin, yang berada tepat di sebelah rumah Murnah. 

Salimin, yang berprofesi sebagai Linmas, juga tinggal di rumah yang kondisinya cukup memprihatinkan. 

Oleh karena itu, Bupati Nanang memutuskan bahwa rumah Salimin juga akan mendapatkan bantuan bedah rumah melalui Program Geserbu.

“Rumah pak Salimin untuk segera diurus administrasinya. Karena kondisinya juga sudah tidak layak biar sekalian,” tambah Nanang.

Dengan adanya Program Geserbu ini, diharapkan semakin banyak rumah tangga kurang mampu di Lampung Selatan yang dapat memiliki hunian yang lebih layak dan nyaman, serta mendukung upaya pemerintah daerah dalam menekan kemiskinan ekstrem di wilayah tersebut.*

Kategori :