Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh dan Mekar di Bumi Perkemahan TNBBS Kubu Perahu

Selasa 09-01-2024,14:41 WIB
Reporter : Edi Prasetya
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Salah satu koleksi tanaman langka yang ada di Bumi Perkemahan Kawasan Taman Nasional Barisan Selatan (TNBBS) di Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, jenis Amorphophallus titanum becc atau lebih dikenal dengan bunga bangkai raksasa tumbuh dan sedang dalam proses mekar sempurna.

Salah satu spesies bunga langka dan merupakan endemik Pulau Sumatera itu untuk kali pertamanya tumbuh di lokasi yang menjadi plot bunga bangkai di salah satu objek wisata hutan tersebut.

Kepala Resort TNBBS Balik Bukit Riga Dewangga Riant melalui Petugas TNBBS Supriatna mengatakan, bunga bangkai raksasa hasil eksplorasi petugas TNBBS itu terpantau mulai mekar pada Senin sore, 8 Januari 2024 dengan ketinggian fisik mencapai 170 Centimeter (CM).

“Tanaman ini baru pertama kalinya tumbuh dan mekar di Bumi Perkemahan Kubu Perahu, lokasinya berada di plot atau tempat yang menjadi pusat explorasi bunga bangkai," kata dia.

BACA JUGA:Waktu Pengajuan Pindah Memilih Tinggal Enam Hari Lagi

BACA JUGA:Anev Kamtibmas Polda Lampung 2024, Polresta Bandar Lampung Temukan 90 Kasus

Dengan tumbuhnya bunga langka endemik asli pulau Sumatera ini, pihaknya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat melihat langsung proses mekar sempurnanya bunga tersebut beberapa hari kedepan.

"Silahkan bagi pengunjung yang ingin melihat bisa mengunjungi wisata bumi perkemahan, namun seperti biasa ada tiket masuk perorangan dikenakan tarif Rp5.000 untuk hari biasa, tapi kalau hari libur dikenakan tarif Rp7.500. Tarif ini akan kami setorkan sebagai penerimaan negara bukan pajak atau PNBP," sambungnya.

Untuk diketahui, Bunga bangkai adalah tanaman bunga raksasa yang memiliki aroma khas yang berbau busuk seperti bangkai. 

Bunga bangkai raksasa ini berasal dari hutan hujan Sumatera bagian barat, Habitat alami bunga bangkai adalah daerah yang iklimnya hangat dan hujan, dengan sedikit variasi cuaca sepanjang tahun.

BACA JUGA:DKPP Pesisir Barat Upayakan Pupuk Bersubsidi Segera Tersedia

BACA JUGA:Setiap TPS Akan Dilengkapi Alat Bantu Tunanetra

Menariknya, tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia.*

Kategori :