Pemprov Lampung akan Siapkan Lahan 4000 Hektar untuk Kawasan Industri Waypisang

Rabu 11-01-2023,20:21 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiyawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi mengatakan terkait Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung membangun kawasan industri Way Pisang di Lampung Selatan sudah jalan salah satunya terkait persiapan lahan sekitar 4 ribu hektar.

"Kawasan ini sedang dalam persiapan. Pemprov Lampung mendukung dengan rencananya menyiapkan lahan yang seluas 3 ribu sampai 4 ribu hektar," kata Kusnardi saat memberikan keterangan, Rabu (11/1).

Lanjutnya saat ini Pemprov Lampung tengah menetapkan lokasi yang bakal di gunakan sebagai kawasan industri berbasis agroindustri tersebut. 

Termasuk salahsatunya mengurus ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) dalam pembebasan lahannya.

BACA JUGA:Selama 2022, Nilai Investasi di Pesbar Capai Rp617 Miliar

"Ya saat ini masih persiapan. Nantinya juga kita tuang kan ke (Perda) RTRW. Selanjutnya kita proyeksi kan sebagai kawasan industri yang di fokuskan untuk agro industri pengolahan hasil pertanian. Kemudian lahan ini statusnya masih lahan produksi, jadi nanti kita konversi dan masih tunggu proses dari KLHK," terangnya. 

Pembangunan nya nanti bisa dilakukan oleh kerjasama berbagai pihak, termasuk peluang bagi BUMD.

"Kemudian barulah nantinya akan menggandeng berbagai investor untuk bergabung bersama kawasan tersebut. Kita siapkan lahan dan jika sudah ada pelepasan hak dan pendirian baru kita sama-sama cari investornya. Sehingga kawasan tersebut bisa berjalan," pungkasnya.*

 

Kategori :