Pekon Basungan dan Batuapi Musyawarah Percepatan Penyusunan Pembangunan 2022

Selasa 14-09-2021,20:55 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pekon Basungan dan Batuapi, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon percepatan usulan pembangunan Tahun Anggaran (TA) 2022, Selasa (14/9).

Di Pekon Basungan acara dihadiri Camat M.Yones, S.S.TP, M.H., sementara di Pekon Batuapi di pimpin Sekcam Budiyono, S.Ip.

Pada acara yang merupakan agenda tahunan itu, pemerintah pekon menyerap aspirasi usulan pembangunan dari masing-masing pemangku, yang disampaikan warga melalui utusan seperti Ketua Pemangku, begitu juga di bidang lain seperti pendidikan, kesehatan, maupun organisasi pekon disampaikan perwakilan masing-masing.

Peratin Basungan Wirianto menyebutkan dari catatan terhimpun usulan yang diajukan cukup beragam baik melalui Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, maupun provinsi. Seperti bidang peningkatan kapasitas infrastruktur maupun non fisik. 

Disampaikan juga, prioritas pembangunan khususnya untuk Dana Desa (DD) yang dikelola langsung oleh pekon. Berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) PDTT No.7/2021, tentang prioritas penggunaan DD tahun 2022.

Pertama pemulihan ekonomi nasional, mengingat tahun ini sudah tahun kedua masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang telah menghantam berbagai pundi kehidupan termasuk sektor ekonomi. 

Masih kata Wirianto, prioritas pemulihan ekonomi melalui DD diantaranya, pembentukan, pengebanganan dan peningkatan serta pengelolaan Bumdes yang menjadi muara usaha desa. termasuk juga, Pengembangan Desa Wisata, pencegahan stunting, penangan bencana alam dan non alam. 

Yakni kembali diluncurkannya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), untuk meningkatkan daya beli masyarakat, karena dengan pandemi Covid-19 semua sektor terpuruk.

Sehingga dengan cara peningkatan daya beli masyarakat melalui disuplay-nya kembali BLT akan membantu bangkitnya lagi usaha masyarakat seperti yang kehilangan mata pekerjaan dan berbagai lainnya.

Sementara dalam sambutannya Camat Yones minta dalam musyawarah itu dapat menghasilkan rencana kerja yang maksimal kedepannya, sebagaimana kebutuhan untuk kemaslahatan masyarakat pekon. 

Pihaknya juga menekankan kepada semua unsur pekon untuk menyampaikan secara tegas kebutuhan pembangunan baik berupa fisik maupun non fisik.

Yones juga menyebutkan TA 2022 orientasi pembangunan adalah pemulihan ekonomi, artinya dalam sektor pembangunan pun sifatnya untuk menunjang perekonomian, karena itu pusat prioritas usulan di bidang tersebut.

Dia juga mengajak untuk bersama, berdiskusi, tukar pikiran untuk TA 2022, melalui gagasan yang brilian, salah satunya upaya memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan potensi wisata sebagaimana yang dimiliki Pekon Basungan.

Di tempat lain disampaikan Juru Tulis Pekon Batuapi, Nurrohim mendampingi Penjabat (Pj) peratin Warno, S.E., Setelah tahapan ini, proses berikutnya penetapan. "Penetapan nanti setelah melalui kajian dan insya Allah sesuai target pemerintah 30 September selesai. Sebagaimana tujuan penyusunan RKP Pekon untuk percepatan usulan pembangunan," imbuhnya. 

Taim panggilan Nurrohim berharap apa yang dihasilkan dan ditetapkan seperti untuk pembangunan untuk pemulihan ekonomi masyarakat Pekon Batuapi.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait