Genangan Air di Jalur Dua Sebelat Belum Tertangani 

Jumat 08-10-2021,16:43 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Persoalan genangan air yang kerap mengganggu kelancaran arus lalulintas di jalur dua Sebelat, Pekon Tanjung Raya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat hingga kini belum tertangani. 

Pemerintah pekon setempat sedang menentukan pola penanganan dengan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) karena selain dibutuhkan pembangunan resapan air, ketinggian badan jalan perlu ditingkatkan.

Peratin Tanjungraya Budiyono mengatakan, persoalan air yang kerap mengenang di jalan lingkar kecamatan sudah telah berlangsung lama. Tidak adanya saluran drainase menjadi salah satu pemicu banjir pada jalan yang penanganannya menjadi kewenangan Pemkab tersebut.

“Penyebabnya karena tidak ada drainase, sementara masyarakat juga tidak mengizinkan ada pembangunan drainase di lokasi itu dikarenakan tidak jauh dari lokasi ada tebing curam yang dikhawatirkan apabila dibangunkan drainase akan mengakibatkan longsor,” ujarnya.

Sehingga, terus Budi, solusi penanganan yang akan dilakukan adalah dengan membuat saluran pembuangan atau resapan sekaligus meninggikan badan jalan karena wilayah itu berada pada wilayah cekungan.

“Rencananya akan kami ajukan ke Dinas PUPR, karena masyarakat khususnya pengguna jalan merasa terganggu, karena setiap hujan jalan tersebut mudah tergenang dan surutnya lama,” imbuhnya.

Sementara itu, Aryogi salah seorang pengendara mengaku sangat terganggu air yang menggenangi seluruh bahu jalan tersebut, sebab pasca hujan ketinggian air mencapai 30 centimeter (cm). Selain lokasinya berada di permukaan yang rendah  kondisi itu juga dipicu karena tidak adanya saluran drainase di lokasi itu. 

“Kondisi sudah terjadi bertahun-tahun tapi namun sampai saat ini belum juga ada upaya dari pemerintah maupun instansi terkait, sementara kondisi ini sangat mengganggu aktivitas kendaraan,” keluhnya 

Menurutnya, fasilitas drainase sangat dibutuhkan karena selain sebagai salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem untuk mengatur pembuangan air, drainase juga komponen penting untuk infrastruktur. Sebab fungsi drainase merupakan salah satu sarana pembuangan kelebihan air, dari sudut pandang yang lain, drainase termasuk salah satu unsur dari sarana prasarana umum yang dibutuhkan masyarakat untuk menjaga lingkungan agar nyaman, bersih, dan sehat. (edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait