Klaim Tangkis Serangan Israel, Sistem Pertahanan Canggih Iran Jadi Sorotan

Klaim Tangkis Serangan Israel, Sistem Pertahanan Canggih Iran Jadi Sorotan

Zoubin, salah satu sistem pertahanan udara milik Iran--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketegangan di wilayah Timur Tengah semakin memanas setelah serangan terbaru yang dilancarkan oleh Israel ke beberapa lokasi strategis militer Iran

Pemerintah Iran dengan tegas menyatakan bahwa sistem pertahanan udaranya berhasil menangkal serangan udara Tel Aviv tersebut. 

Dalam klaimnya, pihak militer Iran menyebut bahwa sistem pertahanan udara yang terintegrasi telah berperan besar dalam menghadang serangan, meskipun ada kerusakan terbatas di sejumlah lokasi. 

Iran memiliki beberapa sistem pertahanan udara canggih yang terus ditingkatkan dalam beberapa tahun terakhir untuk menghadapi ancaman, terutama dari Israel.

 

Serangan Israel ke Wilayah Iran

Pada Sabtu, 26 Oktober 2024, pagi waktu setempat, Israel dilaporkan melancarkan serangan udara ke tiga lokasi militer utama di Iran, yaitu di Teheran, Khuzestan, dan Ilam. 

Dalam pernyataannya, pasukan pertahanan udara Iran mengatakan, "Meskipun ada peringatan sebelumnya dari para pejabat Republik Islam kepada rezim Zionis yang kriminal dan ilegal untuk menghindari aksi yang sangat berani, rezim palsu (Israel, red) ini menyerang sejumlah pusat militer di Provinsi Teheran, Khuzestan, dan Ilam pagi ini." 

Pernyataan ini menunjukkan sikap Iran yang semakin waspada terhadap tindakan Israel.

Iran mengklaim bahwa sistem pertahanan udaranya berhasil mencegat aksi agresi tersebut, meski kerusakan kecil terjadi di beberapa titik. 

Beberapa ledakan terdengar di sekitar Teheran, yang disebut-sebut akibat dari aktivasi sistem pertahanan udara untuk menghalau serangan udara Israel. 

Kantor berita IRNA melaporkan bahwa sistem pertahanan ini "berhasil menembak jatuh target-target musuh di wilayah udara di sekitar Provinsi Teheran."

 

Teknologi Sistem Pertahanan Udara Iran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: