Warga Kota Alam Keluhkan Serbuan Lalat dari Kandang Ayam Broiler

Warga Kota Alam Keluhkan Serbuan Lalat dari Kandang Ayam Broiler

Meski sudah didemo warga, kandang ayam broiler di Kelurahan Kota Alam tetap beroperasi dan menyebabkan lalat menyerbu pemukiman sekitar-Foto Hasan-

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Warga Kelurahan Kota Alam kembali dirundung keresahan setelah kandang ayam broiler milik oknum berinisial ES, yang sebelumnya sempat didemo, kembali beroperasi. 

Kandang yang terletak di lingkungan RT 014, Kelurahan Kota Alam, diketahui tetap beroperasi meski mendapat ultimatum dari warga untuk ditutup. 

Pasca panen, kandang ayam tersebut menyebabkan banyaknya lalat yang menyerbu rumah warga sekitar.

Banyak warga yang kaget mendapati kandang tersebut kembali beroperasi setelah sebelumnya ada aksi protes. 

BACA JUGA:Fufufafa Trending Lagi, Gibran Hingga Kaesang Disoraki Saat Pelantikan Presiden

Lebih mengkhawatirkan lagi, persetujuan mengenai kelanjutan operasi kandang tersebut diduga diberikan oleh sejumlah warga tanpa adanya musyawarah mufakat dengan seluruh warga sekitar. 

Setidaknya ada 25 orang yang menandatangani persetujuan, dengan perjanjian bahwa pihak kandang akan menjaga kebersihan serta memastikan tidak ada lagi gangguan lalat dan bau tak sedap.

Namun, janji tersebut tampaknya belum dipenuhi. Salah satu warga, Badrian (44), yang tinggal di RT 014, mengeluhkan keberadaan kandang ayam tersebut. 

"Kami merasa resah dan terganggu. Lalat sangat banyak, dan kondisi lingkungan jadi tidak nyaman. Makan di rumah sudah seperti berebutan dengan lalat," keluhnya pada Minggu, 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:Viral Netizen Tak Sengaja Menelan Belatung Saat Makan Ayam, Apa Resikonya?

Vina (30), warga RT 006, juga merasakan hal yang sama. Ia bercerita bahwa dalam beberapa hari terakhir, rumahnya dipenuhi lalat, dan setelah ditelusuri, ternyata sumbernya berasal dari kandang ayam di seberang sungai Way Melan. 

Kandang tersebut baru saja melakukan panen dan pembersihan, menyebabkan lalat berhamburan ke pemukiman warga. 

"Rumah saya penuh dengan lalat, tidak nyaman sama sekali. Kami berharap pemerintah segera menutup kandang ayam itu," harapnya.

Kondisi yang sama juga dialami Azi Andaru (33), warga perumahan Matrix Center. Sejak beberapa hari terakhir, rumahnya dipenuhi lalat, dan setelah diselidiki, penyebabnya adalah panen ayam dari kandang ES. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: