Pekan Depan Seleksi Terbuka Jabatan Kepala Sekolah Tingkat SMA dibuka, Ini Daftar Sekolahnya

Pekan Depan Seleksi Terbuka Jabatan Kepala Sekolah Tingkat SMA dibuka, Ini Daftar Sekolahnya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Drs. Sulpakar,M.M.,--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan melaksanakan seleksi terbuka untuk posisi kepala sekolah tingkat SMA, SMK, dan SLB Negeri pada pekan depan.

"Minggu depan, kita akan umumkan lebih dahulu. Karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui mulai dari pengumuman, pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, dalam keterangannya pada Jumat 11 Oktober 2024.

Sulpakar menjelaskan bahwa seleksi terbuka ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Lampung Nomor 2 Tahun 2022 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah untuk jenjang SMA/SMK dan SLB Negeri di lingkungan Pemprov Lampung.

"Peraturan ini sudah mengatur mekanisme pengangkatan kepala sekolah, termasuk di dalamnya uji kompetensi. Proses ini mengadopsi konsep lelang jabatan sehingga lebih transparan," jelasnya.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Kembali Lantik Pejabat Eselon III dan IV, Berikut Daftar Namanya

BACA JUGA:Keindahan Pantai dan Keanekaragaman Hayati di Pesisir Lampung

Ia juga menyebutkan bahwa selama ini pengisian jabatan kepala sekolah dilakukan melalui Sistem Pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (KSPS) yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan.

"Sebelumnya, kita menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh kementerian. Namun, kali ini kita akan menerapkan lelang terbuka," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, terdapat total 23 posisi kepala sekolah yang kosong pada tahun 2024.

Untuk jenjang SMA terdapat 16 sekolah, SMK 6 sekolah, dan SLB 1 sekolah.

BACA JUGA:Water Station di Stasiun Tanjung Karang, Layak Dikonsumsi dan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Panduan Cetak Kartu Ujian SKD CPNS 2024: Apa yang Harus Dilakukan Peserta?

Sementara itu, terdapat sejumlah kepala sekolah yang akan memasuki masa pensiun, yakni 6 kepala sekolah di jenjang SMA Negeri, 3 di SMK Negeri, dan 1 di SLB Negeri.

Beberapa SMA Negeri yang saat ini kosong di antaranya adalah SMAN 2 Pagar Dewa Lampung Barat, SMAN 1 Bumi Nabung Lampung Tengah, SMAN 1 Seputih Mataram Lampung Tengah, dan SMAN 1 Muara Sungkai Lampung Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: