Disdikbud Pesisir Barat Akan Implementasikan Hasil Studi Tiru Dari Disdik Kota Bandung

Disdikbud Pesisir Barat Akan Implementasikan Hasil Studi Tiru Dari Disdik Kota Bandung

Studi tiru Disdikbud Pesisir Barat di Bandung--

BACA JUGA:Masih Sepi Peminat, Berikut Kementerian dan Pemda yang Kurang Diminati di CPNS 2024

Serta partisipasi masyarakat dilibatkan dalam bentuk kegiatan gotong royong dan dana hibah yang dikombinasikan dengan anggaran daerah. 

Selanjutnya, temuan dan pembelajaran lainnya itu yakni terkait dengan inovasi program pendidikan. 

Salah satu inovasi yang diadopsi adalah program Sekolah Ramah Anak, dimana fasilitas dan lingkungan sekolah dirancang agar aman dan nyaman bagi siswa.

“Kota Bandung juga memiliki program Digital Learning yang mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar, serta menyediakan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan digital,” katanya.

BACA JUGA:Konsul RI dan YB Datuk Nizam Bahas Pembangunan IKN dan Kerjasama di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Kemudian, masih kata Edwin, pembelajaran lainnya pada kegiatan studi tiru tersebut seperti dalam model partisipatif pembangunan pendidikan, yakni Kota Bandung menerapkan model partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan sarana pendidikan. 

Melalui forum musyawarah dan diskusi terbuka, masyarakat berkontribusi dalam menentukan prioritas pembangunan pendidikan.

“Mereka juga menerapkan sistem anggaran partisipatif untuk memastikan transparansi dalam alokasi dana pendidikan,” ungkapnya.

Begitu juga, kata dia, dalam kebijakan pengembangan kualitas guru, Disdik Kota Bandung fokus pada peningkatan kualitas tenaga pendidik dengan memberikan pelatihan berkala, termasuk penguasaan teknologi dan pedagogi modern. 

BACA JUGA:Puskesmas Air Hitam Laksanakan Aksi Bergizi di SMPN 2 Air Hitam

Serta pengembangan profesionalisme guru didukung oleh kolaborasi dengan universitas dan lembaga pendidikan tinggi setempat.

“Untuk itu, hasil studi tiru Disdikbud Pesbar ini rencananya akan ditindaklanjuti beberapa poin yang ada pada Disdik Kota Bandung itu, diantaranya mengadopsi sistem digitalisasi dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Pesbar,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, merancang program berbasis partisipasi masyarakat yang dapat diimplementasikan dalam pengembangan infrastruktur pendidikan di Kabupaten Pesbar. 

Serta memperkenalkan program Sekolah Ramah Anak dan Digital Learning sebagai bagian dari strategi peningkatan mutu pendidikan, dan mengadakan pelatihan bagi guru di Kabupaten Pesbar untuk meningkatkan kompetensi mereka, terutama dalam penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: