Pemerintah Pekon Sri Menanti Salurkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Hewani

Pemerintah Pekon Sri Menanti Salurkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Hewani

Penyerahan bantuan ayam dan kambing Program Ketahanan Pangan Dana Desa Pekon Sri Menanti--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan tarap hidup masyarakat, melalui peningkatan kesejahteraan. 

Pemerintah Pekon Sri Menanti, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggulirkan program Ketahanan Pangan, melalui pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) yakni penyaluran bantuan Hewani Ayam dan Kambing sasaran Kelompok Masyarakat. 

Selasa, 5 Agustus 2024 dipimpin Peratin Sri Menanti Anggi Ismanto, S.Pd, pihak pekon menyerahkan bantuan seratus ekor ayam.

"Untuk program ketahanan pangan, terdapat dua poin yang direalisasikan kepada masyarakat yakni bentuk nabati dan hewani. Di mana untuk hewani terdapat dua jenis bantuan yakni ayam kampung pembesaran dan bantuan kambing," terang Anggi Ismanto.

BACA JUGA:Fenomena Tahunan Jelang HUT RI Banyak Pedagang Bendera di Pinggir Jalan di Bandar Lampung

BACA JUGA:Pemprov Lampung dan DPRD Setujui Raperda RPJPD Tahun 2025- 2045

Lanjut Anggi, penyaluran bantuan seratus ekor ayam tersebut merupakan pendistribusian tahap pertama program ketahanan pangan bidang hewani, dalam bentuk bantuan lunak kepada masyarakat melalui pengelolaan kelompok masyarakat. 

"Begitu juga terhadap bantuan kambing yang akan kita laksanakan tahap kedua nanti juga merupakan bantuan lunak kepada masyarakat yang dikelola oleh kelompok peternak," terangnya.

Pihaknya menyampaikan tujuan dari bantuan ketahanan pangan tersebut tentunya motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan sayap dalam menjalankan usaha, sehingga terjadinya peningkatan ekonomi keluarga. 

Karena itu, atas nama pemerintah pekon. Peratin berpesan agar dalam pengelolaan dan perawatan hewan ternak tersebut betul-betul dimaksimalkan agar terus bertambah dan bukan hanya mampu mencukupi konsumsi masing-masing rumah tangga melainkan dapat dipasarkan menjadi tambahan ekonomi warga. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Sampaikan Pandangan Terhadap 6 Raperda Usul Inisiatif DPRD Lampung

BACA JUGA:Sentra Gakkumdu Pesisir Barat di Launching

"Bantuan ternak ayam dan kambing ini, merupakan program yang tepat diberikan kepada masyarakat karena memang memiliki dukungan mulai dari status aktivitas warga yang mayoritas sebagai petani serta dukungan wilayah pekon yang memang memiliki potensi di bidang peternakan," jelasnya.

Artinya dengan begitu, kata Anggi semua tinggal bagaimana kemauan dan keseriusan masyarakat dalam mengembangkan usaha di bidang peternakan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: