Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli?

Pergantian oli pada kendaraan -Freepiik.com-

BACA JUGA:Berikut Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Dingin

3. Kondisi Berkendara

Kondisi berkendara mempengaruhi seberapa sering Anda perlu mengganti oli. Jika Anda sering mengemudikan kendaraan dalam kondisi ekstrem seperti kemacetan lalu lintas berat, berkendara di medan off-road, atau sering melakukan perjalanan pendek, oli cenderung lebih cepat kotor dan harus diganti lebih sering. 

Kondisi ini dikenal sebagai "kondisi berkendara berat" dan mungkin memerlukan penggantian oli lebih sering dari jadwal normal.

4. Usia Kendaraan dan Gaya Berkendara

BACA JUGA:Inilah Mengapa Sebaiknya Tunggu Sejenak Sebelum Menyalakan AC Mobil yang Terjemur Matahari

Kendaraan yang lebih tua atau yang memiliki banyak kilometer mungkin memerlukan perhatian ekstra. Jika kendaraan Anda sudah tua atau jika Anda sering mengemudikan kendaraan dengan gaya berkendara agresif,Anda mungkin perlu mengganti oli lebih sering daripada yang direkomendasikan untuk kendaraan baru dengan gaya berkendara normal.

5. Indikator dari Mesin

Beberapa kendaraan modern dilengkapi dengan sensor dan sistem yang memantau kondisi oli dan memberi peringatan saat oli perlu diganti. 

Jika indikator peringatan oli menyala di dashboard kendaraan Anda, segera lakukan penggantian oli meskipun belum mencapai jarak tempuh yang direkomendasikan.

BACA JUGA:Begawi Bandar Lampung Gelar Karnaval Mobil Hias Secara Meriah

6. Pemeriksaan Berkala

Selain mengikuti jadwal penggantian oli, penting juga untuk memeriksa level dan kondisi oli secara berkala. 

Gunakan stik pengukur oli untuk memastikan level oli dalam batas yang direkomendasikan. Jika oli terlihat kotor atau gelap, itu bisa menjadi tanda bahwa oli perlu diganti lebih cepat dari jadwal.

Jadi mengganti oli secara tepat waktu adalah kunci untuk menjaga mesin kendaraan Anda tetap dalam kondisi optimal, serta membantu memperpanjang umur mesin dan meningkatkan kinerja kendaraan anda (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: