Sekolah Tanpa Toilet, Aleg Lampung Barat Prihatin, Disdikbud Janji Carikan Solusi

Sekolah Tanpa Toilet, Aleg Lampung Barat Prihatin, Disdikbud Janji Carikan Solusi

Anggota Komisi III DPRD Lampung Barat dari Ketua Fraksi Golkar Ismun Zani, angkat bicara dalam menyikapi kondisi toilet SDN 1 Bedudu, Kecamatan Belalau--

BELALAU - Anggota Komisi III DPRD Lampung Barat dari Ketua Fraksi Golkar Ismun Zani, angkat bicara dalam menyikapi kondisi toilet SDN 1 Bedudu, Kecamatan Belalau, yang terletak di Pemangku Waysemangka tidak dapat difungsikan karena ketiadaan air sehingga menggangu kenyamanan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), hingga menyebabkan siswa buang air sembarangan hingga haryus menumpang di toilet warga sekitar.

Politisi Partai Golkar tersebut merasa prihatin mengetahui kondisi tersebut, dimana dalam melaksanakan KBM membutuhkan kenyamanan untuk kekhusyukan belajar bagi siswa dan mengajar untuk guru. 

Toilet, kata dia, salah satu sarana pendukung yang wajib dimiliki, bahkan dari aspek kesehatan pemerintah menerapkan kategori jumlah siswa dengan kapasitas ketersediaan toilet. 

Sehingga dengan tidak berfungsinya toilet karena tidak memiliki air, jelas itu menjadi penghambat semua aktifitas dilingkungan SD setempat. 

BACA JUGA:UPBU Silampari Kunjungi Pesisir Barat, Pemkab Ajukan Pengembangan Bandara MTK

"Dapat kita bayangkan jika siswa kebelet buang air dan terpaksa di tahan karena toilet tidak berfungsinya atau harus berlari mencari tempat aman," katanya. 

Sehingga terkait harapan pihak sekolah, pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) atau pemerintah pekon,  dapat mengupayakan bantuan sumur bor. 

Ismun Zani mengarahkan Disdikbud Lambar untuk segera menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan lokasi sekaligus melakukan upaya dalam menyediakan kebutuhan sekolah. Sehingga terciptanya kenyamanan KBM dalam menjalankan sistem pendidikan Merdeka Belajar. 

Terpisah Kadisdikbud Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M., juga memberikan respon positif dengan menerjunkan  Seksi Sarana Prasarana (Sarpras) meninjau langsung lokasi. 

BACA JUGA:7 ASN di Lampung Barat Mutasi ke Luar Daerah

"Kami langsung bertindak yakni Kasi Sarpras sudah ke lokasi dan saat ini menunggu hasil cek untuk mencarikan solusi terbaik," singkatnya.

Diberitakan sebelumnya dewan guru, komite dan wali murid SDN 1 Bedudu menyampaikan , beberapa tahun lalu SD 1 Bedudu  mendapatkan bantuan fisik berupa renovasi gedung belajar dan pembangunan toilet.

Dari beberapa fasilitas bangunan yang di bangu, tapi untuk toilet tidak dapat difungsikan secara maksimal lantaran tidak adanya air.

 Atas kondisi itu menjadi kendala baik siswa atau guru terkendala saat hendak buang air, seperti numpang di rumah warga. Bahkan tidak sedikit anak-anak terutama laki-laki masih buang air kecil sembarangan seperti di belakang gedung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: