Ambil Bagian di MPLS SMKN 1 Way Tenong, Koramil Sumber Jaya Beri Wasbang dan Pelatihan PBB

Ambil Bagian di MPLS SMKN 1 Way Tenong, Koramil Sumber Jaya Beri Wasbang dan Pelatihan PBB

Koramil 422-06/Sumber Jaya memberikan pembinaan wawasan kebangsaan dan pelatihan PBB kepada siswa baru SMKN 1 Way Tenong --

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Koramil 422-06/Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), dipimpin langsung Danramil Kapten Arm Iwan Sudrajat, memberikan pembinaan pada kegiatan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada 247 siswa didik baru, Tahun Pelajaran (TP) 2024-2025 SMK Negeri 1 Way Tenong, Selasa 16 Juli 2024. 

Dalam MPLS bertemakan 'Mewujudkan Lingkungan Belajar Yang Inklusif Berkebangsaan dan Aman Bagi Semua' siswa diberikan pembinaan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan materi Pasukan Baris Berbaris (PBB).

Pantauan  wartawan media ini, siswa begitu bersemangat dalam melaksanakan MPLS, dimana dalam kegiatan PBB cuaca panas terik seakan tidak dirasa dan justru sebagai pendukung lancarnya pembinaan. 

Kapten Arm Iwan Sudrajat mengungkapkan, dalam pembinaan MPLS itu Koramil diundang pihak sekolah, dimana di masa MPLS ini semua sekolah mulai dari tingkat SMP dan SMA sederajat di wilayah teritorial Koramil Sumber Jaya, meliputi Kecamatan Sumber Jaya, Way Tenong, Kebun Tebu, Gedung Surian dan Air Hitam dikunjungi dan diberikan pembinaan. 

BACA JUGA:Kelurahan Sekincau Optimis Pertahankan Predikat Lunas PBB Tercepat

Secara khusus pembinaan Wasbang dan PBB yang diberikan upaya dalam menumbuhkan jiwa korsa, kebersamaan, kekompakan, disiplin untuk menunjang program program pendidikan SMKN 1 Way Tenong, dengan harapan siswa menjadi  lebih disiplin dalam penerapan merdeka belajar, serta menumbuhkan rasa bela negara bagi siswa.

”Kesempatan itu menjadi upaya meningkatkan kontrol para tunas bangsa dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja yang identik terjadi pada anak usia sekolah menengah atas, seperti kebiasaan bolos sekolah, tawuran, terlibat penggunaan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif (Napza) hingga kasus bullying,” ungkapnya.

Iwan Sudrajat juga menyampaikan perhatian di bidang pendidikan adalah tanggung jawab bersama dan dilaksanakan secara seksama, artinya komitmen TNI akan selalu sedia memberikan pembinaan seperti bidang wasbang. Bahkan jika pihak sekolah membutuhkan pembinaan khusus dalam mempertebal jiwa kebangsaan TNI selalu siap dan hadir. 

"Penekanan yang juga kita tanamkan kepada siswa baru SMKN 1 Way Tenong, memberikan bukti yang lebih baik daripada prestasi yang diraih sebelumnya oleh kakak kelas, seperti dengan menjaga nama baik sekolah. Agar predikat SMKN 1 Way Tenong lebih baik lagi," tegasnya. 

BACA JUGA:MPLS TK Muslimat NU Lampung Barat, Mengembangkan Rasa Percaya Diri dan Kemandirian

Sementara  Waka Kesiswaan Setio Bayu P, S.Kom., mendampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMKN 1 Way Tenong Jonisdar Ali, S.Sos., menerangkan, 247 siswa baru terbagi di delapan jurusan yakni Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPiB), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio Video (TAV), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Kelas Industri Digital (KIDI), Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Produksi Busana (DPB), Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL).

SMKN 1 Way Tenong juga sekarang berstatus Pusat Keunggulan dengan mengunggulkan jurusan DPB, dimana untuk jurusan ini siswa barunya sebanyak 21 orang atau mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 16 siswa.

“Untuk siswa Kelas 12 jurusan DPB dari 25 siswa, sebanyak sepuluh anak tengah mengikuti mentoring bahasa Jepang do LKP Metro, karena akan melaksanakan magang di negeri sakura tersebut,” kata dia. 

"MPLS ini kami laksanakan selama tiga hari dari hari Senin hingga Rabu, gimana pada hari pertama pihak sekolah mengundang anggota polri dari Polsek Sumber Jaya, dan hari ini dari Koramil Sumber Jaya sebagai pemateri undangan serta intern sekolah," tandasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: