Anggarkan Rp3,1 Miliar DAK, Pemprov Lampung Bakal Bangun Puluhan Unit Toilet Siswa

Anggarkan Rp3,1 Miliar DAK, Pemprov Lampung Bakal Bangun Puluhan Unit Toilet Siswa

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah mengalokasikan dana sebesar Rp3,1 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun toilet siswa di 23 SMA Negeri dan SMK Negeri di daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, menyatakan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun total 43 unit toilet siswa.

"Sekolah di Lampung bukan tidak memiliki toilet untuk siswa, namun menghadapi kekurangan unit. Kekurangan ini tidak dapat diabaikan, mengingat pentingnya akses toilet yang memadai bagi kenyamanan siswa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari," kata Sulpakar,  Senin 01 Juli 2024.

Menurut Sulpakar, saat ini terdapat kekurangan sebanyak 52 unit toilet di sekolah-sekolah Lampung, dengan rincian 30 unit untuk SMA Negeri, 19 unit untuk SMK Negeri, dan 3 unit untuk SLB Negeri.

BACA JUGA:Apresiasi Kinerja Polda Lampung, Samsudin Siap Beri Sanksi Jika ASN Terbukti Terlibat Judi Online

"Lampung memiliki total 1.067 sekolah negeri dan masih kekurangan 52 unit toilet, serta 307 unit untuk sekolah swasta," jelasnya. 

Dia menjelaskan bahwa jumlah toilet siswa yang ideal tergantung pada jumlah murid di setiap sekolah, dan merujuk pada standar WHO dengan rasio 1 toilet perempuan untuk 25 siswi dan 1 toilet untuk 40 siswa laki-laki.

"Jadi 1 toilet perempuan diperuntukkan bagi 25 orang dan 1 toilet diperuntukkan bagi 40 siswa laki-laki. Itu mengacu pada standar WHO untuk fasilitas rasio toilet yang baik," tutupnya. 

Untuk diketahui ada 731 sekolah di Provinsi Lampung, dari SD hingga tingkat SMA maupun SMK baik negeri maupun swasta, belum memiliki toilet untuk siswa.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Hadiri Pengukuhan Otto Fitriandy sebagai Kepala OJK Lampung

Diantaranya Sekolah Dasar dari total 4.726 sekolah, ada 429 sekolah beluk memiliki toilet siswa. 

Kemudian SMP, sebanyak 189 sekolah SMP tidak memiliki toilet dari total jumlah sekolah sebanyak 1.455.

Kemudian tingkat SMA terdapat 54 sekolah yang tidak memiliki toilet siswa, dari total sekolah yang ada sebanyak 527. 

Selanjutnya jenjang SMK ada 59 tidak memiliki toilet siswa dari total jumlah sekolah sebanyak 497.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: